Penggali Kubur Akan Terima Insentif dari Pemko Tebing Tinggi

  • Bagikan

Tebing Tinggi, BatakToday-

Ratusan penggali kubur di Kota Tebingtinggi mulai tahun ini dipastikan menerima insentif dari Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi. Belanja insentif tersebut telah ditampung dalam APBD TA 2016 yang telah disahkan akhir Desember 2015 lalu.

Hal ini diungkapkan anggota DPRD Tebing Tinggi,  Asnawi Mangkualam Sitorus kepada BatakToday, Rabu (13/1).

Pemberian insentif ini, kata Asnawi, untuk mendorong motivasi dan semangat para penggali kubur serta menumbuhkan keperdulian terhadap tugas yang harus mereka laksanakan.

”Jadi sudah sepantasnya para penggali kubur itu mendapat perhatian dan diberi insentif. Insentif tersebut saya usulkan dan disahkan pada akhir Desember 2015 lalu,” kata politisi PPP yang bergabung dalam Fraksi Golkar itu.

Asnawi menjelaskan, ide pemberian insentif itu tercetus dari warga saat para anggota Dewan melakukan reses. Warga mengusulkan agar penggali kubur mendapat perhatian dari pemerintah kota.

”Selama ini hanya bilal mayat dan guru mengaji yang mendapat honor dari pemerintah kota, sehingga usulan warga kita tampung dan ajukan dalam pembahasan APBD,” terang Asnawi.

Terpisah, Kabag Administrasi Keuangan Pemko Tebing Tinggi, Malkan Hasibuan membenarkan, insentif penggali kubur telah ditampung dalam APBD TA 2016 sebesar Rp 200 juta.

Menurut Malkan, insentif penggali kubur akan disalurkan melalui kecamatan masing-masing, namun  besaran insentif yang diterima para penggali kubur belum bisa dirinci karena drafnya belum ada.

“Perda insentif penggali kuburnya nanti kita bahas,antara lain  berapa insentif yang diterima penggali kubur per bulan. Yang jelas anggarannya sebesar Rp 200 juta,” terang Malkan. (iss)

Foto: Anggota DPRD Kota Tebingtinggi, Asnawi Mangkualam Sitorus. (bataktoday/iss)

  • Bagikan