Kapolda: Pemekaran Polres Labuhanbatu Menunggu Persetujuan Mabes

  • Bagikan

Rantauprapat, BatakToday-

Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) telah mengajukan usulan pemekaran Kepolisian Resort (Polres) Labuhanbatu menjadi 3 polres ke Markas Besar (mabes) Polri di Jakarta. Lambatnya pemekaran terutama disebabkan kendala jumlah personil dan anggaran Polri.

Hal itu diungkapkan Kapolda Sumut Irjen Pol Ngadino kepada pers pada kunjungan kerja ke Polres Labuhanbatu, Jumat pagi (15/1/2016)

“Ya, Poldasu sudah mengusulkan itu,” ungkap Ngadino menjawab pertanyaan wartawan tentang rencana pemekaran Polres Labuhanbatu.

Ketika didesak tentang jadwal pelaksanaan pemekaran, Kapoldasu menjawab diplomatis, pemekaran tentu harus mempertimbangkan potensi yang ada. Menurutnya, kendala utama selama ini pemekaran belum dilaksanakan, terutama karena keterbatasan personil maupun anggaran.

Kapolda Sumut Irjen Pol Ngadino  pada jumpa pers di sela kunjungan kerjanya ke Polres Labuhanbatu, Jumat (15/1/2016). (bataktoday/as)
Kapolda Sumut Irjen Pol Ngadino pada jumpa pers di sela kunjungan kerjanya ke Polres Labuhanbatu, Jumat (15/1/2016). (bataktoday/as)

“Kepolisian Daerah Sumatera Utara masih menunggu persetujuan Mabes Polri untuk melakukan pemekaran Polres Labuhanbatu,” ujarnya.

Kapoldasu lebih jauh menjelaskan, kunjungan kerja dilakukan untuk memahami situasi dan kondisi kamtibmas di wilayah Mapolres Labuhanbatu.

“Kita mengimbau seluruh masyarakat Labuhanbatu meningkatkan kewaspadaan terhadap gerakan maupun kegiatan yang mencurigakan. Jika mengetahuinya, segera laporkan ke aparat setempat,” terangnya.

Lebih jauh jenderal polisi berbintang dua kelahiran Semarang, Jawa Tengah, 26 Februari 1958 itu menegaskan, akan tetap mendahulukan upaya pencegahan, dengan mengajak semua pihak terkait dan masyarakat untuk bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat.

Sebelumnya, Kapolda dan rombongan disambut hangat Kapolres Labuhanbatu AKBP Teguh Yuswadhey beserta jajarannya.

Dalam sambutannya, Kapolres Labuhanbatu memaparkan situasi internal Polres Labuhanbatu, situasi kamtibmas, potensi kerawanan menonjol, dan potensi konflik di wilayah hukum Polres Labuhanbatu, serta berbagai upaya yang telah dan akan terus dilakukan untuk mengantisipasi kerawanan tersebut.

Kapoldasu dalam arahannya meminta seluruh jajaran Polres Labuhanbatu agar meningkatkan kerja sama yang baik dengan pemerintah daerah setempat dan seluruh lapisan masyarakat, agar dapat memberikan rasa aman, tenang dan nyaman kepada masyarakat dalam bekerja dan melakukan aktivitas sehari-hari.

“Jadi, jangan sampai pecah konflik dan tidak bisa diselesaikan dengan baik.” Tegas Ngadino. (AS)

Foto: Kapolda Sumut Irjen Pol Ngadino  foto bersama dengan jajaran Polres Labuhanbatu, Jumat pagi (15/1/2016). (bataktoday/as)

  • Bagikan