Laskar Melayu Hang Tuah Tebing Tinggi Deli Dilantik

  • Bagikan

Tebing Tinggi, BatakToday-

Saat ini kita sedang memasuki era globalisasi dengan mulai diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), dan bangsa-bangsa di ASEAN tersebut asal-usulnya berasal dari rumpun Melayu, dan kini ada dalam one community, one ASEAN. Menyikapi MEA, rakyat harus bergerak dan berusaha untuk menjadi pelaku ekonomi, bukan hanya sekedar menjadi penonton saja. Puak Melayu juga diminta untuk mencintai produk Indonesia, agar Indonesia tidak menjadi pangsa empuk bangsa-bangsa lainnya.

Demikian disampaikan Walikota Tebing Tinggi, Umar Zunaidi Hasibuan, dalam arahannya pada pelantikan Pengurus DPD Laskar Melayu Hang Tuah (LMHT) Tebing Tinggi Deli periode 2015-2020, dan DPC LMHT Kota Tebing Tinggi, Sabtu (16/1/2016) di Gedung Balai Sawiyah Nasution.

Dikatakannya, semakin terbukanya Bangsa Indonesia terutama di bidang ekonomi akan mempengaruhi beberapa keadaan lainnya, untuk itu Bangsa Indonesia harus siap menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

“Rakyat harus bergerak dan berusaha untuk menjadi pelaku ekonomi, bukan hanya sekedar menjadi penonton saja. Dan pemerintah dengan berbagai kebijakan berupaya mendorong pelaku ekonomi dengan menggolontorkan dana pinjaman melalui KUR yang dikelola BRI dan bunganya sangat kecil,” ujar walikota.

Umar mengingatkan, orang-orang Melayu harus melakukan upaya yang positif dalam menghadapi MEA, diantaranya menerapkan prinsip ‘Cintailah Produk Indonesia’.

“Jika tidak kita sendiri yang mencintai dan menggunakan produk kita, maka kita akan menjadi pangsa empuk bangsa-bangsa lainnya,” ujar Umar mengingatkan.

Menghadapi situasai yang kurang kondusif saat ini dengan adanya teror bom dan berkembangnya Gafatar, Umar mengatakan, sebagai satu bangsa yang besar dan pejuang, hal ini tidak perlu ditakuti, tetapi harus diwaspadai.

“Saya berharap LMHT ikut mengambil peran menjaga kondusivitas, Kota Tebing Tinggi khususnya. Apalagi Melayu itu identik dengan Islam, untuk itu jaga Adab dan Etika, jadilah organisasi yang terbuka jangan tertutup. Lakukan kerja sama dengan organisasi lainnya pada berbagai kegiatan, dan terus tingkatkan kemampuan SDM dan berkreativitas,” ujar Wali Kota.

Bagian lainnya, Umar Zunaidi Hasibuan mengingatkan bahaya narkotika, dan di Tebing Tinggi sudah ada pelajar SMP yang menggunakan narkoba jenis sabu.

“Saat ini peredaran narkoba tidak saja dapat dibeli dengan uang tunai, tetapi sudah dapat dilakukan dengan barter, seperti sawit atau karet dibarter dengan sabu. Dan lebih ironis lagi, HP atau sepeda motor bisa jadi asap saja ditukar sabu. Kita harus bersama-sama memeringanginya, karena ini merusak Bangsa,” ujarnya.

Plt Ketua DPP.LMHT Indonesia DR.Khaherdri mengingatkan LMHT Tebing Tinggi jangan recoki dan ganggu Walikota Tebing Tinggi dalam melaksanakan pembangunan di daerah ini.

“Tetap menjaga adab, moral dan etika saja, LMHT sudah ikut membantu Wali Kota,” tegas Khaherdri.

Pengurus DPD.LMHT Tebing Tinggi Deli periode 2015-2020 yang dilantik terdiri dari Ketua TM Saleh Anwar, Sekretaris Ramadasir, dan Bendahara T Arizal, dan  dibantu beberapa seksi. (iss)

Foto: Wali Kota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan menyampaikan selamat kepada Pengurus DPD.LMHT Tebing Tinggi Deli periode 2015-2020 yang baru di lantik di Gedung Balai Sawiyah Nasution, Sabtu (16/1/2016). (bataktoday/iss)

  • Bagikan