Anif Bangun Menara Masjid Tertinggi ke-3 di Dunia

  • Bagikan

Medan, BatakToday-

Pembangunan perluasan Masjid Agung Medan akan menjadi bagian tonggak sejarah perjalanan Islam di Indonesia, khususnya Sumatera Utara. Selain akan mampu menampung jumlah jemaah lebih banyak dari kondisi saat ini, juga akan memiliki menara yang tingginya masuk lima besar di dunia, setinggi 199 meter.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Panitia Pembangunan, Musa Idhishah dalam paparannya saat peletakan batu pertama pembangunan pelebaran masjid berusia 47 tahun itu di Jl Diponegoro Medan, Jumat (15/1).

Dikatakan, menara masjid tertinggi di dunia yang pertama dimiliki masjid Mohammadia Mega Mosque di Kota Aljazair (270 meter) yang masih dalam pembangunan, kedua menara Masjid Hasan II di Casablanca, Maroko (210 meter), kemudian Masjid Agung Medan di Indonesia (199 meter). Selanjutnya masjid Nabawi setinggi 105 meter, dan masjid Islan Asmaul Husna di pesantren LDII “Wali Barokah” Kediri Jawa Timur setinggi 99 meter.

Kemudian dijelaskan, menara akan berdiri dengan luas tapak 12×12 meter. Menara akan diisi kantor administrasi masjid, kantot hilal, kantor perwakilan travel/wisata, galeri UKM, ruang pameran, ruang sekuriti, gudang penyimpanan, serta menara akan memakai fasilitas lift.

“Untuk masuk menara nantinya akan memakai tiket,” katanya.

Sementara itu, saat acara penyerahan sumbangan, H Anif menyatakan kesanggupannya untuk menyumbangkan biaya pembangunan menara tersebut. Dia menyanggupi atas nama keluarga besarnya, para cucu, hingga karyawannya, untuk membangun menara tersebut, meski ia belum tahu biaya yang harus dikeluarkan untuk pembangunan menara tersebut.

“Silahkan dihitung, saya belum tahu berapa besarnya,” ujarnya.

Sebelumnya, Rahmat Shah, pemilik Yayasa Rahmat menyatakan menyumbang Rp 1 miliar untuk pembangunan masjid, Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin Rp 100 juta, dan penyumbang lainnya, hingga terkumpul sekitar Rp 107 miliar dalam bentuk uang, sementara yang lain menyumbang dalam bentuk bahan bangunan. (AFR)

Foto: H Anif (kemeja biru) duduk bersebelahan dengan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada acara peletakan batu pertama pembangunan Masjid Agung Medan, Jumat (15/1). (bataktoday/afr)

  • Bagikan