Frans Seda Award 2016 Gelar Ragam Lomba

  • Bagikan

Jakarta,BatakToday-

Frans Seda Award adalah sebuah penghargaan yang dirintis oleh Yayasan Atma Jaya, terinspirasi dari nama seorang negarawan Indonesia bernama Frans Seda (1926-2009), yang juga adalah tokoh perintis dan pendiri Atma Jaya.

Penghargaan ini diselenggarakan dua kali setahun, dan diberikan khusus bagi dua orang insan muda Indonesia yang mendidikasikan dirinya bagi aktivitas pendidikan dan/atau kemanusiaan.

Dalam upaya melibatkan publik dalam sosialisasi kegiatan Frans Seda Award dan menjaring sebanyak mungkin insan muda di seluruh Indonesia yang layak menjadi kandidat Frans Seda Award, digelar berbagai aktivitas perlombaan dalam rangka Frans Seda Award 2016, di antaranya :

1. Lomba Video Profil Tokoh Muda Indonesia – Frans Seda Award 2016

Lomba Video Profile Tokoh Muda Indonesia 2016 ini menyasar kandidat-kandidat orang muda di berbagai penjuru Indonesia yang mendedikasikan dirinya untuk pengembangan bidang pendidikan dan/atau kemanusiaan. Lomba ini terbagi dalam dua kategori, yakni Kategori Mahasiswa Unika Atma Jaya dan Kategori Umum.

Video profil yang dilombakan adalah video yang menayangkan profil Warga Negara Indonesia berumur maksimal 40 tahun (pada saat pelaksanaan lomba) yang memiliki pengabdian pada bidang Pendidikan atau Kemanusiaan, serta belum pernah menerima penghargaan apa pun, dengan durasi 3-5 menit. Video boleh diambil dengan berbagai macam jenis kamera (HP, Handycam, DSLR, dsb.), tetapi disampaikan dalam format MP4.

Video yang sudah jadi di-upload ke Fan Page Facebook “Frans Seda Award” dengan keterangan video (nama anggota kelompok, judul video, dan penjelasan singkat mengenai video tersebut). Selain itu, peserta diminta pula untuk burn video ke dalam CD, dan dikirimkan kepada Panitia Frans Seda Award 2016 beserta formulir pendaftaran, dan penjelasan seputar video yang diketik dalam 1 halaman A4.

Batas akhir kegiatan ini kami perpanjang hingga 31 Januari 2016.

2. Blog Competition: Sosok Muda Inspiratif di Bidang Pendidikan dan Kemanusiaan

Dalam rangka Frans Seda Award 2016, Unika Atma Jaya bersama Kompasiana mengadakan Blog Competition yang memberikan kesempatan kepada semua Kompasianer untuk dapat berbagi kisah tentang sosok-sosok muda (berusia maksimal 40 tahun) yang berprestasi atau berkontribusi di bidang pendidikan dan kemanusiaan.

Tulisan yang dapat disertakan dalam kompetisi ini adalah tulisan yang bersifat baru, orisinil, tidak sedang dilombakan di tempat lain, berupa opini, ulasan atau reportase seputar sosok muda yang inspiratif di bidang pendidikan dan kemanusiaan, dengan subjek atau objek tulisan di wilayah negara Indonesia.

Tulisan yang disertakan dalam kompetisi ini juga wajib mencantumkan label: Frans Seda Award 2015 dan Unika Atma Jaya dalam tiap tulisan. Tulisan yang tidak sesuai dengan ketentuan dan tema lomba akan didiskualifikasi. Penilaian dan penjurian akan dilakukan oleh COO Kompasiana,  Pepih Nugraha.

3. Frans Seda Journalism Competition

Unika Atma Jaya mengundang rekan jurnalis Indonesia untuk berbagi cerita melalui tulisan dan video televisi tentang tokoh muda Indonesia (berusia maksimal 40 tahun) yang menginspirasi di bidang pendidikan dan kemanusiaan. Dalam kompetisi ini terdapat 2 (dua) kategori, yaitu Kategori Karya Tulis dan Kategori Video Televisi.

Materi yang dapat disertakan dalam kompetisi ini harus pernah dipublikasikan di media cetak/media online.

4. Pendaftaran Kandidat Frans Seda Award 2016

Frans Seda Award mengundang seluruh Warga Negara Indonesia berumur maksimal 40 tahun dan pada saat ini masih berkarya pada Bidang Pendidikan dan Bidang Kemanusiaan untuk mencalonkan diri sebagai kandidat Frans Seda Award. Selain mencalonkan diri sendiri, Anda dapat pula mencalonkan individu lain yang menurut penilaian Anda memenuhi kriteria-kriteria Frans Seda Award dan memiliki karya nyata pada bidang penghargaan Frans Seda Award.

 Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengirimkan:

1) Daftar Riwayat Hidup kandidat;

2) Rincian karya atau kegiatan yang dilakukan yang sesuai dengan kriteria “Frans Seda Award” dengan beberapa dokumentasi pendukung yang sekurang-kurangnya dapat membuktikan latar belakang dan riwayat hidup figur yang dicalonkan, berikut alamat dan nomor kontak serta jenis-jenis kegiatan yang saat ini digeluti (yang sesuai dengan kriteria “Frans Seda Award”);

3) KTP atau SIM yang masih berlaku;

4) Pernyataan Kesanggupan untuk ditinjau oleh Dewan Juri.

Seluruh dokumen atau materi berkaitan dengan Lomba Video Profil, Frans Seda Journalism Competition, dan Pendaftaran Kandidat Frans Seda Award dikirimkan ke alamat Panitia Frans Seda Award, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Gedung Karol Wojtyla Lantai 1,  Jalan Jenderal Sudirman 51, Jakarta Selatan 12930, Telp. 021-5703306, dan melalui email: franssedaaward@gmail.com

Seluruh dokumen (hard copy dan/atau soft copy) mohon dapat dikirimkan selambat-lambatnya pada tanggal 31 Januari 2016. (rel)

Foto: Poster Blog Competition Bidang Pendidikan dan Kemanusiaan Frans Seda Award 2016. (batakroday/rel)

  • Bagikan