Pesta Rakyat Meriahkan Hari Jadi Langkat Ke-266

  • Bagikan

Stabat, BatakToday-

Peringatan hari jadi Kabupaten Langkat ke-266 digelar di  alun-alun T Amir Hamzah Stabat, Minggu (17/1/2016). Perayaan dimeriahkan dengan hiburan panggung, tari-tarian 14 etnis, suguhan drumband Institut Pemerintahan dalam negeri (IPDN) Riau, serta pameran pembangunan dengan menampilkan puluhan stand SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Langkat.

Upacara hari jadi sekaligus meresmikan digelarnya pesta rakyat yang akan berlangsung hingga Selasa (19/1/2016).

Pelepasan balon pertanda dimulainya Pesta Rakyat dalam memperingati hari jadi Kabupaten Langkat ke-266. (bataktoday/lud)
Pelepasan balon pertanda dimulainya Pesta Rakyat dalam memperingati hari jadi Kabupaten Langkat ke-266. (bataktoday/lud)

Bupati Langkat Ngogesa Sitepu bersama Pj Gubernur Sumatera utara T Erry Nuradi beserta rombongan tiba dilokasi disambut dengan seni pencak silat dan tarian persembahan sekapur sirih khas Melayu.

Bupati Langkat Ngogesa Sitepu gelar Datok Setia Abdi Negeri dalam pidatonya meminta para tokoh masyarakat, cerdik pandai, ulama dan pemuka agama dapat memberi sumbangan pemikiran demi kemajuan wilayah dan masyarakat Langkat.

“Di pesta rakyat ini, saya harapkan agar masyarakat dapat mengetahui apa-apa yang telah dihasilkan oleh daerahnya dari stand-stand pameran yang ikut memeriahkan pesta rakyat ini,” ujarnya.

Sebagai kabupaten tertua dan kaya sumber daya alam, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi mengajak pemerintah setempat agar memanfaatkan hari jadi ini sebagai momentum untuk mensejahterahkan masyarakat.

“Kabupaten Langkat mempunyai kontribusi yang sangat besar terhadap Sumut,” ucapnya.

Seperti yang diketahui, sambungnya, Langkat merupakan penghasil minyak dan energi terbesar di Sumut. Tahun lalu Sumut kekurangan energi, tapi sekarang surplus 10 persen, salah satunya karena kontribusi dari Langkat. Tidak hanya itu, Kabupaten Langkat juga memiliki potensi pariwisata yang luar biasa..

Pj Gubernur Tengku Erry Nuradi dan Bupati Langkat Ngogesa Sitepu beserta undangan foto bersama anak-anak yatim usai penyerahan santunan. (bataktoday/lud)
Pj Gubernur Tengku Erry Nuradi dan Bupati Langkat Ngogesa Sitepu beserta undangan foto bersama anak-anak yatim usai penyerahan santunan. (bataktoday/lud)

“Saya minta khususnya untuk bidang pariwisata, stakeholder yang ada supaya bisa mencontoh Pulau Bali, sehingga bisa memberikan kontribusi bagi Kabupaten Langkat dan masyarakatnya sendiri. Harapan saya ke depan, terjalin sinergitas antara pusat, provinsi dan kabupaten dalam memajukan dan membangun insfrastruktur Langkat,” tambahnya.

Pesta Rakyat resmi dibuka, ditandai dengan pemotongan tumpeng dan pelepasan balon, dilanjutkan pemberian santunan kepada beberapa anak yatim oleh Bupati Langkat didampingi Pj Gubernur Sumut dan para pejabat yang hadir.

Acara juga diisi dengan penandatanganan prasasti peresmian tanah lapang yang berada di depan alun-alun menjadi Tanah Lapang Sepak Bola Tengku Amir Hamzah.

Usai upacara HUT ke-266 selesai, Ngogesa Sitepu bersama Erry Nuradi beserta rombongan terlihat meninjau beberapa stand pameran pembangunan.

Perayaan turut dihadiri pimpinan DPRD Langkat, Forkopimda, jajaran pimpinan SKPD, serta para undangan. (lud)

Foto: Bupati Langkat Ngogesa Sitepu menyerahkan potongan tumpeng ulangtahun Kabupaten Langkat ke-266 kepada Pj Gubernur Tengku Erry Nuradi di alun-alun T Amir Hamzah Stabat, Minggu (17/1/2016). (bataktoday/lud)

  • Bagikan