Rektor University of Sumatera Divonis 6 Tahun‬ Penjara

  • Bagikan

Medan, BatakToday-

‪Majelis hakim memvonis Rektor University of Sumatera, Marsaid Yushar (63), hukuman 6 tahun penjara. Ia terbukti bersalah karena telah mendirikan perguruan tinggi tanpa izin.

‪Selain hukuman penjara, Marsaid juga didenda Rp 500 juta subsider 1 bulan kurungan.

‪Hukuman terhadap Marsaid dijatuhkan majelis hakim yang diketuai Karlen Parhusip di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (19/1). Dia dinyatakan terbukti melakukan perbuatan yang diatur dan diancam dengan Pasal 93 UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Pasal 67 Ayat (1) dan Pasal 71 UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dia bersalah mendirikan perguruan tinggi tanpa izin dan tanpa hak memberikan gelar.

‪Putusan majelis hakim tak jauh berbeda dengan tuntutan jaksa. Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Mirza Erwinsyah juga meminta agar Marsaid dijatuhi hukuman 6 tahun penjara dan denda Rp 500 juta dengan subsider tiga bulan kurungan.

‪Menyikapi putusan hakim, Marsaid langsung menyatakan banding.

“Banding, tak ada yang meringankan saya,” kata Marsaid usai persidangan.

Marsaid Yushar ditangkap personil Satreskrim Polresta Medan di salah satu kantornya, Jalan Gatot Subroto Medan, Mei lalu. Warga Jalan Mesjid Taufik ini disangka mendirikan perguruan tinggi ilegal dan menerbitkan ijazah palsu.

‪Marsaid yang mengaku bertitel doktor lulusan Amerika Serikat itu telah 12 tahun menjual ijazah palsu keluaran universitas yang tak berizin yang didirikannya.

Ada ribuan ijazah asli tapi palsu yang sudah dijualnya dengan harga bervariasi, antara 10 hingga 40 juta rupiah per lembar. Jurusan dan tingkatan strata ijazah, terserah keinginan pemesan. (AFR)

Foto: Petugas kepolisian membongkar plank kampus University of Sumatera di Jalan Marelan Medan, beberapa waktu lalu.

  • Bagikan