Buruh Teluk Nibung Disuruh Warga Aceh Bawa Cat Berisi Sabu

  • Bagikan

Tanjungbalai, BatakToday-

Pengadilan Negri (PN) Tanjungbalai menggelar sidang lanjutan kepemilikan sabu dengan terdakwa  Rusli Hanafiah (57) warga Dusun Tgk Disampe, Desa Arongan, Kecamatan Simpang Mamplan, Kabupaten Biruen, Provinsi Nanggroe Aceh darussalam, Selasa (19/1).

Sidang dengan agenda mendengarkan keterangan saksi itu dipimpin hakim Ulina Marbun dengan hakim anggota Ahmad Rizal dan Widi Astuti.

Dalam kesaksiannya, Zulkarnain, buruh angkutan barang di terminal penumpang Teluk Nibung Tanjungbalai mengatakan, sabu-sabu yang tersimpan di dalam dua ember cat itu merupakan milik terdakwa Rusli Hanafiah.

“Setibanya kapal fery Malaysia-Indonesia di terminal penumpang Teluk Nibung Kota Tanjungbalai, aku disuruh dia (Rusli Hanafiah) untuk membawa dua ember cat miliknya itu dari atas kapal. Sewaktu barang bawaannya itu diperiksa oleh petugas Bea dan Cukai, dia tidak ada di lokasi,” terangnya.

Zulkarnain menambahkan, sabu yang tersimpan didalam dua ember cat itu diketahui oleh petugas Bea dan Cukai Kota Tanjungbalai sewaktu dilakukan pemeriksaan.

“Dua ember cat itu diperiksa dalam keadaan masih bersegel. Petugas Bea dan Cukai sewaktu melakukan pemeriksaan, menemukan sebanyak lima bungkus plastik yang didalamnya berisi sabu-sabu,” katanya.

Sebelumnya, dua orang personil Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Teluk Nibung, T Simanjuntak dan J Sinaga, hadir di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungbalai untuk memberikan kesaksian terkait penangkapan terdakwa Rusli Hanafiah.

“Terdakwa ini ditangkap di pelabuhan terminal penumpang Teluk Nibung Kota Tanjungbalai saat melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan penumpang kapal fery jalur Malaysia-Indonesia, Sabtu bulan Agustus 2015 lalu,” kata Simanjuntak.

Saat diperiksaa, sambung Simanjuntak, terdapat sebanyak enam bungkusan plastik berisikan sabu dengan berat 1,5 Kilogram yang tersimpan didalam dua ember cat yang masih bersegel.

“Masing-masing bungkus plastik berisikan sabu dengan berat 1,52 gram dan lima (5) bungkus lagi berisikan 500 gram sabu,” terangnya. (eko)

Foto: Zulkarnain,  buruh angkutan  barang di terminal penumpang Teluk Nibung Tanjungbalai, saat bersaksi di ruang sidang Pengadilan Negri (PN) Tanjungbalai didampingi terdakwa Rusli Hanafiah. (bataktoday/eko)

  • Bagikan