Sidang Dua Kali Skors, DPRD Humbahas Akhirnya Setujui RAPBD 2016

  • Bagikan

Humbahas, BatakToday-

Meski sidang sempat diskors dua kali akibat kehadiran anggota dewan tidak memenuhi kuorum, DPRD Humbahas akhirnya menyetujui Rancangan APBD Humbahas Tahun Anggaran (TA) 2016 senilai Rp 935,77 miliar pada sidang paripurna yang digelar Selasa (19/1/2016) di Gedung DPRD, Komplek Perkantoran Tano Tubu, Doloksanggul.

Sidang dihadiri Sekda Saul Situmorang, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, yakni Kapolres Humbahas AKBP. Rustam Mansyur, Kajari Doloksanggul Herus Batubara, Dandim 0210 yang diwakili Kasdim Mayor Inf Kaminton Napitupulu, serta seluruh pimpinan SKPD Humbahas.

Marolop Manik dalam pembacaan pendapat akhir Fraksi Golkar menyarankan agar pelaksanaan APBD TA 2016 hendaknya sesuai dengan apa yang telah disepakati dalam rapat Badan Anggaran bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Ditegaskannya, Fraksi Golkar akan sepenuhnya mendukung pemerintah demi mewujudkan percepatan pembagunan yang tepat sasaran di Bumi Humbahas.

Sementara juru bicara Fraksi PDI Perjuangan   Ramses Lumban Gaol, mengingatkan pemerintah agar sungguh-sungguh melaksanakan evaluasi kinerja bagi pejabat di semua tingkatan secara berkala, serta menempatkan aparatur sesuai kompetensi dan kemampuan yang dimiliki, sehingga hasil kerja yang dicapai sesuai dengan indikator yang ditetapkan.

Lebih lanjut Ramses menghimbau setiap instansi lebih serius merencanakan dan merealisasikan program dan kegiatan yang telah disepakati dalam APBD Humbahas TA 2016, khususnya kegiatan fisik agar dilakukan pengawasan yang baik sehingga kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik, tepat waktu, dan terukur.

Juru bicara Fraksi Gerindra Mora Tua Gaja menyoroti kinerja SKPD yang semakin menurun, dan bidang pendidikan yang membutuhkan perhatian khusus. Menurut Fraksi Gerindra, suasana pilkada dan pergantian kepala daerah menjadi pemicu menurunnya koordinasi dan asling menghargai antar sesame SKPD.

Untuk itu, pihaknya menyarankan supaya seluruh SKPD saling berkoordinasi dan berkolaborasi untuk memantapkan program-program mulai dari perencanaan, penganggaran sampai pelaksanaan, sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Mora Tua juga menegaskan, mengingat besarnya alokasi anggaran pemerintah bidang pendidikan, hendaknya segala kekurangan dan masalah yang terdapat pada sektor ini dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat, seperti meubelair yang sangat minim di sekolah-sekolah SD dan SMP. Ia juga meminta adanya pemerataan bantuan dan sebaran tenaga pengajar, agar peningkatan kualitas pendidikan segera terwujud. (FT)

Foto : Ketua DPRD Humbahas Manaek Hutasoit bersama Pj. Bupati Humbahas. Bukit Tambunan saat menandatangani nota persetujuan bersama RAPBD TA 2016 pada sidang paripurna DPRD, Selasa (19/1/2016). (bataktoday/ft)

  • Bagikan