Tak Kunjung Ditangani, Jalan Penghubung Sibatubatu-Gurilla Terancam Putus

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday-

Dua bulan sejak terjadi longsor namun tidak mendapat penanganan, kondisi jalan penghubung Sibatubatu dengan Kelurahan Gurilla Kecamatan Siantar Martoba terancam putus.  Amatan BatakToday Selasa (19/1), nyaris setengah badan jalan aspal sudah amblas hingga kedalaman sekitar 10-15 meter. Tidak ada rambu pemberitahuan jalan longsor di kedua arah jalan.

MENUNGGU RAPAT KOORDINASI: Kondisi jalan penghubung Sibatubatu-Kelurahan Gurilla Kecamatan Siantar Martoba terancam putus, menyusul longsor dua bulan lalu. Nyaris setengah badan jalan aspal sudah amblas hingga kedalaman sekitar 10-15 meter, sangat berbahaya keselamatan pengguna jalan. Foto diambil pada Selasa (19/1/2016). (bataktoday/em)
MENUNGGU RAPAT KOORDINASI: Kondisi jalan penghubung Sibatubatu-Kelurahan Gurilla Kecamatan Siantar Martoba terancam putus, menyusul longsor dua bulan lalu. Foto diambil pada Selasa (19/1/2016). (bataktoday/em)

Saragih, seorang warga yang sedang melintasi mengatakan,  jalan longsor itu sangat berbahaya bagi pelintas, terutama di malam hari atau jika hujan turun.

“Kalau malam hari, warga yang melintas harus waspada, karena jalan menjadi sempit, dan ada jurang sedalam 15 meter. Kita sangat mengharapkan perbaikan, biar kondisi jalan ini nantinya tidak putus dan mengganggu aktivitas warga,” ujar Saragih.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pematang Siantar, Daniel Siregar ketika dikonfirmasi menjelaskan, pegawai BPBD sudah survei ke lokasi.

“Kita sudah survei ke lokasi. Masalah perbaikan, rencananya akan kita sampaikan kepada pimpinan, agar perbaikan jalan ini langsung ditangani oleh Dinas Bina Marga,” kilah Daniel.

Lebih jauh dijelaskannya, kedalaman jurang mencapai 10-15 meter, sehingga  tidak memungkinkan lagi untuk memakai tembok penahan.

“Maka nanti akan kita lakukan rapat koordinasi dulu dengan Sekretaris Daerah atau Asisten untuk menindaklanjuti kondisi jalan ini,”  terang Daniel. (EM)

  • Bagikan