Kadis Tarukim Tuding Pj Bupati Humbahas Bagi-bagi Proyek

  • Bagikan

Doloksanggul, BatakToday-

Kepala Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Tarukim) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Rockefeller Simamora menuding Pj Bupati Humbahas Bukit Tambunan melakukan intervensi terhadap pembagian paket proyek Dinas Tarukim pada Perubahan APBD TA 2015 lalu.

Hal ini terkuak melalui pengakuan beberapa kontraktor kepada BatakToday, di antaranya ES (58).

Menurut ES, beberapa waktu lalu dia mendengar pernyataan Kadis Tarukim yang disampaikan kepada dirinya dan rekan kontraktor lainnya, bahwa Pj Bupati Humbahas campur tangan dalam pembagian paket proyek di dinas tersebut.

Hal itu dikemukakan Rockfeller ketika ES menawarkan jasa pengerjaan kegiatan fisik ke dinas itu.

“Kata Pak Rockfeller, Penjabat Bupati yang membagi proyek di Distarukim. Itu disampaikannya waktu aku menemuinya,” beber ES, warga Doloksanggul.

Bahkan seorang rekanan lain yang ditemui BatakToday menjelaskan, Rockfeller sempat memperlihatkan oret-oret pembagian paket proyek yang di dalamnya terdapat nama yang bertuliskan ‘Pj’.

Namun seorang pensiunan BUMN berinisial OS (70) pada Rabu (20/1) kemarin, juga mengungkap Rockfeller ikut terlibat mengerjakan beberapa proyek di dinas yang dipimpinnya, dengan menempatkan orang lain sebagai pelaksana proyek guna mengelabui mata penegak hukum.

Kendati demikian, OS mengakui bahwa Pj Bupati juga ikut ambil bagian dalam pembagian proyek.

“Memang menurut info yang kudengar, Pj Bupati campur tangan terhadap pembagian proyek, tapi tidak semuanya. Ada juga yang dikendalikan si kadis sendiri untuk dirinya. Seperti dugaan kita atas pekerjaan proyek jalan lingkar Veteran kurang lebih senilai Rp 1,1 miliar dan disebut-sebut milik sang kadis yang disubkan ke PT SSL, selanjutnya memanfaatkan orang lain sebagai pelaksana,“ katanya.

Pj Bupati Humbahas Bukit Tambunan yang dicegat BatakToday usai sidang pengesahan RAPBD TA 2016 Selasa (19/1/2016) kemarin, menampik tudingan Kadistarukim.

“Enggak ada itu, nanti yang bersangkutan saya panggil untuk mempertanyakan hal itu,“ ujarnya singkat.

Kepala Dinas Tarukim Rockefeller Simamora yang dicoba dikonfirmasi BatakToday melalui pesan selular Kamis (21/1/2016), mengelak telah melakukan tudingan kepada Pj Bupati.

“Tidak ada saya bilang begitu,” jawabnya singkat. (FT)

Foto : Pj Bupati Humbahas Bukit Tambunan saat dikonfirmasi BatakToday seputar tudingan Kepala Dinas Tarukim, Selasa (19/1/2016). (bataktoday/ft).

  • Bagikan