Jumsadi: Wartawan Harus Berwawasan dan Kredibel

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday-

Penjabat Wali Kota Pematang Siantar, Jumsadi Damanik, mengusulkan agar perusahaan media di Kota Pematang Siantar mempertimbangkan pemberdayaan sumber daya wartawan yang paham teknologi informasi, berwawasan luas, dan memiliki kredibilitas yang baik dalam menjalankan tugasnya

Hal itu lontarkannya saat menerima kunjungan pengurus Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Kota Pematang Siantar di rumah dinas Wali Kota Jalan MH Sitorus, Kamis (21/1).

Jumsadi menegaskan, peran dan fungsi pers sangat strategis mendukung kinerja pemerintah, termasuk dalam melakukan kontrol. Di samping itu, kehadiran pers sangat membantu pemerintah guna menyerap aspirasi masyarakat untuk keperluan penyelenggaraan pemerintahan.

“Pers merupakan pilar ke empat demokrasi yang sangat dibutuhkan semua pihak. Artinya pers harus dapat menjadi penyambung kepentingan dan usulan masyarakat serta apa yang telah dikerjakan pemerintah,” ujarnya.

Kunjungan PWRI dipimpin ketuanya Arief Siregar didampingi sejumlah pengurus lainnya, hasil Muscab pada akhir tahun 2015 lalu.

Pengurus PWRI menyampaikan sejumlah masalah yang akhir-akhir ini banyak mendapat sorotan publik, di antaranya penataan taman bunga, trotoar, parkir, kemacetan lalu lintas, belum aktifnya terminal Tanjung Pinggir, terlantarnya stadion Sang Naualuh, serta keberadaan taman terbuka hijau yang kurang mendapat perhatian.

Arief mengharapkan, sinergitas antara pers dengan Pemko Pematang Siantar dapat terus terjalin dengan baik. Pihaknya sebagai salah satu dari 37 organisasi pers yang ada di Indonesia, berencana menggelar sejumlah kegiatan dalam rangka membangun hubungan sesama organisasi pers maupun dengan pemerintah.

“Kita merencanakan agar sesama organisasi pers bisa saling bekerja sama dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik,” ujarnya. (rel)

Foto: Kunjungan Pengurus Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Kota Pematang Siantar ke Pj Wali Kota Jumsadi Damanik di rumah dinas Wali Kota Jalan MH Sitorus, Kamis (21/1). (bataktoday/rel)

  • Bagikan