Kementan Salurkan 10 Unit Transplanter ke Petani Padi Humbahas

  • Bagikan

Dolok Sanggul,Bataktoday –

Guna mempercepat swasembada pangan khususnya tanaman padi, petani padi sawah di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) mendapat bantuan 10 unit transplanter (alat tanam padi sawah) dari Kementerian Pertanian RI melalui Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP). Perolehan bantuan ini atas pengajuan proposal yang dilakukan kelompok tani melalui Dinas Pertanian Humbahas.

Kepala Dinas Pertanian Humbahas, Happy Silitonga kepada BatakToday di ruangannya, Jumat (22/1/2016) menjelaskan, bantuan transplanter kepada petani itu diterima pada akhir tahun 2015 lalu. Selanjutnya memasuki musim tanam satu (MT-1) tahun 2016, transplanter tersebut akan dibagikan kepada masyarakat melalui kelompok tani (poktan).

Menurut Happy, sebelum pembagian alsintan transplanter itu, pihaknya telah memfasilitasi pelatihan petani calon pengguna transplanter yang dilaksanakan di provinsi.

“Saat ini kita hanya menunggu proses administrasi. Selanjutnya, memasuki MT-1 alsintan itu akan kita bagikan, paling lambat awal Februari ini. Pembagian diprioritaskan di sentra-sentra produksi padi, seperti Kecamatan Baktiraja, Pakkat, Tarabintang, dan Palilitan,” terangnya.

Happy berharap, poktan penerima  dapat mengoptimalkan penggunaan alat tersebut untuk percepatan penanaman padi sawah. Dinas Pertanian Humbahas menargetkan para petani bisa 2 kali panen dalam setahun.

Happy menegaskan, jika produksi padi meningkat, pihaknya akan kembali mengusulkan permintaan bantuan transplanter dan alat pertanian lainnya ke Kementerian Pertanian RI.

“Dengan adanya alsintan, kita berharap para petani semakin mudah mengelola lahannya. Sehingga ke depan, produksi beras dari Humbahas terus meningkat,” tukas mantan Kadishut Humbahas itu. (FT)

Foto : Tampak 10 unit transplenter parkir di halaman Kantor Dinas Pertanian Humbahas, Jumat (22/1/2016). (bataktoday/ft)

  • Bagikan