Pansel Buka Pendaftaran Calon Direksi BUMD Kota Medan

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Akhirnya Pemko Medan melalui Panitia Seleksi Calon Direksi Perusahaan Daerah menyatakan membuka pendaftaran untuk mengisi kekosongan direksi di tiga Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Medan sejak 26 Januari 2016 sampai Selasa 2 Februari 2016. Tiga BUMD milik Pemerintah Kota Medan tersebut, masing-masing PD Pasar, PD Pembangunan, dan PD Rumah Potong Hewan.

Panitia seleksi menunggu lamaran di Bagian Administrasi Perekonomian Sekretariat Daerah Kota Medan Jalan Kapten Maulana Lubis No.2 Lantai II Kantor Wali Kota  Medan.

“Jadi bagi yang berminat untuk menjadi calon direksi ketiga perusahaan milik Pemko Medan, sudah bisa mengambil formulir pendaftarannya di Bagian Administrasi Perekonomian Setdakakot Medan pada hari dan jam kerja,” kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakot Medan, Qamarul Fatah di Balai Kota Medan, Minggu (24/1/2016).

Untuk PD Pasar, Qamarul mengatakan, ada 4 jabatan direksi yang dibutuhkan,  yakni Direktur Utama, Direktur Pengembangan dan SDM, Direktur Administrasi dan Keuangan, serta Direktur Operasional.  Selanjutnya PD Pembangunan, juga membutuhkan 4 jabatan direksi, yaitu Direktur Utama, Direktur Pengembangan, Direktrur Umum dan Keuangan/SDM, serta Direktur Operasional.

Begitu juga dengan PD Rumah Potiong Hewan (RPH), sambung Qamarul, membutuhkan 4 jabatan direksi, masing-masing Direktur Utama, Direktur Pengembangan, Direktur Umum dan Keuangan/SDM, serta Direktur Operasional.

Mantan Kadis Koperasi & UMKM Kota Medan itu menambahkan, adapun kegiatan usaha yang dikelola masing-masing PD, meliputi 52 pasar tradisional dan 1 pasar induk untuk PD Pasar. Kemudian  PD Pembangunan mengelola Pergudangan Kota Tanjung Mulia (PKTM), Medan Zoo, Kolam renang Deli, Gelanggang Remaja, dan Rumah Susun (Rusun) Amplas.

“Sedangkan untuk PD RPH, mengelola pemotongan hewan dan pengandangan/penggemukan sapi. Kita harapkan, para direksi yang nanti terpilih  mampu memajukan ketiga perusahaan daerah tersebut,” harap Qamarul.

Mengenai persyaratan, Qamarul menjelaskan, selain mengajukan surat permohohonan kepada Wali Kota Medan sesuai dengan jabatan direksi yang diinginkan,usia pelamar  maksimal 56 tahun pada saat pendaftaran, dan pendidikan minimal sarjana (S1) disesuaikan dengan disiplin ilmu yang dipersyaratkan untuk tiap jabatan direksi.

Kemudian, lanjut Qamarul, pelamar juga wajib melampirkan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) dari rumah sakit pemerintah,  surat keterangan dari pengadilan tidak pernah dihukum atau dipenjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap, serta melampirkan surat pernyataan tidak pernah dinyatakan pailit dalam 5 tahun sebelum pencalonan, baik sebagai pribadi maupun sebagai anggota dewan direksi atau komisaris/dewan pengawas yang dinyatakan bersalah menyebabkan suatu perseroan dinyatakan  pailit dalam 5 tahun oleh pengadilan.

“Juga harus ada surat berkelakuan baik dari pihak kepolisian. Lalu, mempunyai pengalaman kerja minimal 5 tahun di perusahaan berbadan hukum yang telah terdaftar di Kemenkumham, dibuktikan melalui surat keterangan/referensi dari perusahaan sebelumnya dengan penilaian baik,” paparnya.

Yang lebih penting lagi, tegas Qamarul, pelamar tidak menjadi pengurus partai politik/organisasi sosial dan  kemasyarakatan lainnya sebelum mengikuti seleksi maupun setelah dinyatakan lulus sebagai anggota dewan direksi, yang dibuktikan dengan surat pernyataan.

Qamarul menjelaskan, pelamar diwajibkan menyusun dan menyajikan proposal tentang visi dan misi yang berhubungan dengan jabatan anggota direksi yang dilamar, dan memaparkan proposal tersebut di depan Tim Seleksi.

“Proposal ini diserahkan setelah dinyatakan lulus seleksi awal/administrasi,” jelasnya.

Pengembalian dokumen pendaftaran, menurut Qamarul, dilakukan Rabu (27/1/2016) sampai Jumat (5/2/2016) setiap hari dan jam kerja. Sedang pelaksanaan seleksi dilakukan  Selasa (9/2/2016) sampai Jumat (12/2/2016).

Pengumuman hasil seleksi administrasi dilakukan di Kantor Wali Kota Medan, Senin (15/2).

“Bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, akan diberitahukan untuk mengikuti fit and proper test,” tutupnya.  (AFR)

Foto: Ilustrasi.

  • Bagikan