Kerjasama Pariwisata Uzbekistan-Sumut Terus Didorong

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi berharap, ke depan kerjasama Pemerintah Republik Indonesia dan Uzbekistan semakin ditingkatkan, khususnya di bidang pariwisata. Uzbekistan adalah salah satu negara Timur Tengah yang dikenal mempunyai kesamaan dengan Indonesia sebagai negara berpenduduk mayoritas Islam.

Salah satu peninggalan sejarah yaitu makam yang cukup dikenal di Uzbekistan adalah makam Imam Buchari, salah satu tokoh Islam yang cukup dikenal di Uzbekistan.

Selain itu ada tokoh Islam Ibnu Sina atau Avicenna, seorang dokter, ilmuwan, filsuf sekaligus pahlawan. Ibnu Sina lahir pada abad ke-10 di sebuah wilayah di Persia bernama Afsyana Bukhara yang kini masuk wilayah negara Uzbekistan.

Peluang kerjasama khususnya bidang pariwisata sangat besar peluangnya sehingga perlu disosialisasikan kepada masyarakat Indonesia, khususnya Sumatera Utara.

“Karena ada pepatah yang mengatakan, tak kenal maka tak sayang,” sebut Tengku Erry saat menghadiri pertemuan dengan Dubes Uzbekistan dan para pengusaha dan travel agency dari Uzbekistan di Hotel JW Marriot Medan, Senin (25/1/2016).

Hadir pada kesempatan itu, Asisten Kesos Zulkarnain, Plh Asisten Ekbang Setdaprovsu Ibnu S Hutomo, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provsu Elisa Marbun, Kepala Biro Otonomi dan Kerjasama Setdaprovsu Jimmy Pasaribu, Kadis Pariwisata Kota Medan, Ketua Asita Provsu Solahuddin Nasution, serta para pengusaha travel dari Medan dan Uzbekistan.

Baru-baru ini, lanjut Erry, Arab Saudi telah membuka penerbangan langsung dari Jeddah dan Madina – Medan. Setelah usai kunjungan rohani (Umroh) dari Arab Saudi, masyarakat Sumatera Utara banyak mengunjungi negara lain seperti Eropa, Turki, Dubai dan lainnya, dan kemungkinan besar para wisatawan rohani akan mengunjungi Uzbekistan.

Pada kesempatan itu Plt Gubsu mengatakan, pertemuan yang dilaksanakan Dubes Uzbekistan dengan para delegasi khususnya di bidang pariwisata dan travel sangat baik, dan mengimbau para pengusaha travel di Sumatera Utara untuk mengambil peluang kerjasama dengan delegasi travel dari Uzbekistan, karena ada destinasi yang sangat menarik di Uzbekistan.

“Diharapkan dengan pertemuan hari ini, ada MoU antara pengusaha travel Uzbekistan dengan pengusaha travel dari Sumatera Utara,” sebut Plt Gubsu.

Selain itu Plt Gubsu juga mengatakan, Indonesia telah membuka bebas visa tujuan wisata ke lebih 90 negara. Jumlah yang luar biasa dari sebelumnya hanya 15 negara.

“Diharapkan Uzbekistan juga dapat membuka bebas visa untuk Indonesia, paling tidak untuk kunjungan wisata dalam jangka pendek kurang lebih dua minggu,” ujarnya.

Sementara Dubes Uzbekistan untuk Indonesia Shavkat Jamalov mengatakan, pertemuan yang dilaksanakan hari ini adalah untuk memperkenalkan potensi-potensi yang ada di Uzbekistan, khususnya di bidang pariwisata.

Kunjungan ini, lanjutnya, merupakan kunjungan kedua setelah mengunjungi Sumatera Utara pada Agustus 2015 lalu, yaitu ke Daerah Barus Kabupaten Tapanuli Tengah.

Dikatakannya, Presiden RI Soekarno juga telah berkunjung ke Uzbekistan, dan dalam kunjungannya ia telah berkunjung ke Makam Imam Buchari, satu tokoh Islam Uzbekistan.

“Pemerintah Uzbekistan mengharapkan kerjasama antara Pemerintah Uzbekistan dan Indonesia khususnya Sumatera Utara di bidang pariwisata akan lebih ditingkatkan lagi,” sebut Shavkat. (AFR)

Foto: Plt Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry saat bertemu dengan Dubes Uzbekistan dan para pengusaha dan agency travel dari Uzbekistan di Hotel JW Marriot Medan, Senin (25/1/2016).

  • Bagikan