Kapolresta Siantar Resmikan Poskamling Swadaya Masyarakat Tomuan

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday –

Untuk meminimalisir aksi pembongkaran rumah dan kedatangan orang tak dikenal, Kapolresta Pematang Siantar, AKBP Dodi Darjanto SIK mendatangi poskamling yang baru dibangun masyarakat Kelurahan Tomuan sekaligus untuk meresmikan poskamling siap beroperasi, Rabu (27/1/2016).

Menurut Dodi, hingga saat ini situasi kamtibmas di Kota Pematang Siantar relatif aman. Begitupun dirinya mengaku tingkat kejahatan meningkat.

“Kalau dulu pencuri mengambil sepeda motor ketika pengendara lupa mengambil kuncinya, sekarang pencuri sudah masuk ke dalam  rumah sampai merusak pagar,” ucapnya.

Dodi menambahkan, pelaku penyalahgunaan narkoba juga meningkat, dan sudah banyak yang diamankan.

“Dalam bulan ini kita banyak mengamankan pelaku narkoba. Bila ada rumah sederhana berupa bilik-bilik tertutup dan dilengkapi cctv,  tolong segera diinformasikan ke siskamling. Itu patut dicurigai sebagai rumah bandar narkoba, sebab kalau rumah sederhana ada cctv patut dicurigai, mengingat harga cctv cukup mahal,” terangnya.

Untuk meminimalisir kejahatan tersebut, kepolisian melalui Babinkamtibmas membutuhkan kerjasama dari masyarakat, mengingat rasio jumlah petugas dengan jumlah masyarakat belum memadai.

“Kita punya personel yang terbatas dan tak sebanding dengan jumlah masyarakat yang harus diamankan, sehingga warga perlu gotong royong,” imbaunya.

Diterangkannya, dahulu dia masih ingat ada kearifan lokal yang ditinggalkan yakni bergotong royong, warga mengamankan kampungnya dengan siskamling. Untuk itu Dodi berharap, pos kamling di setiap kelurahan perlu diaktifkan kembali.

“Inilah yang akan dihidupkan kembali. Setiap tamu yang datang harus melapor 1 kali 24 jam,” ucap Dodi.

Kapolresta menjelaskan, setiap poskamling yang ada akan dilengkapi lampu rotator agar pelaku kejahatan mengurungkan niatnya melakukan aksi.

Dengan berdirinya poskamling itu, masyarakat juga diharapkan mengerti arti dari bunyi kentongan.

“Tapi bunyi kentongan jangan disalahgunakan. Jangan pula polisi yang sedang bertugas dituduh maling seperti kejadian di beberapa daerah,” candanya.

Diharapkannya, peresmian poskamling itu tidak hanya seremonial semata, tetapi benar-benar dilaksanakan sehingga kualitas keamanan dan kenyamanan di kota ini meningkat.

Kepada Camat Siantar Timur Mangapul Sitanggang dan Lurah Tomuan yang bekerja sama dalam pendirian poskamling, Kapolresta menyatakan apresiasinya. Ia berharap, pendirian poskamling di Kelurahan Tomuan ini akan  memberi motivasi kepada camat dan lurah lainnya untuk melakukan hal yang sama.

Sementara Babinkamtibnas Kelurahan Tomuan, Aiptu Edi Sunarto mengaku sangat mengapreasiai respon masyarakat Tomuan untuk mengamankan lingkungannya.

“Poskamling ini dibangun dengan swakelola masyarakat dan ada 10 orang ditugaskan berjaga di poskamling bergantian setiap hari,” terang Aiptu Sunarto. (AB)

Foto: Kapolresta AKBP Dodi Darjanto bersama muspika pada peresmian Poskamling Kelurahan Tomuan, Rabu (27/1/2016). (bataktoday/ab)

  • Bagikan