Todung Mulya Lubis: Berantas KKN di Tubuh USU

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Sumatera Utara (USU) Todung Mulya Lubis meminta Rektor USU yang baru dilantik Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum agar mengembalikan USU ke masa kejayaan.

Selain kepada rektor baru, Todung juga meminta kepada semua pihak terutama para pemangku jabatan tinggi di USU, agar tidak menjadikan USU sebagai ladang bisnis dan kepentingan.

“Tanggalkan uang masuk. Jangan berdagang dalam universitas ini,” tegasnya saat pelantikan Rektor USU di Medan, Kamis (28/1/2016).

Selain itu, Todung juga berharap agar Runtung dapat mensejajarkan USU dengan Universitas Indonesia dan Universitas Airlangga dalam rentang lima tahun ke depan.

Ia juga berharap Runtung dapat memberantas praktik korupsi, kolusi dan nepotisme yang ada di tubuh USU.

“Saya tadi sudah bicara empat mata dengan Pak Runtung. Saya bangga bahwa beliau akan memberantas itu semua,” katanya.

Kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi mengatakan, USU harus lebih bangkit sehingga keberadaannya tidak sekadar menara gading yang hanya indah dipandang, melainkan berfungsi sebagai wahana air yang siap memberikan bermanfaat bagi masyarakat.

Karena menurut Erry, perguruan tinggi tidak hanya dituntut canggih di bidang pendidikan, melainkan juga harus mengembangkan inovasi penelitan dan pengabdian masyarakat sebagaimana amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Intinya, masyarakat kampus sebagai pusat keunggulan intelektual diharapkan jangan sampai terpisah dari masyarakat induknya,” ujar Erry.

Sebagai Plt Gubsu sekaligus anggota ex officio Majelis Wali Amanat USU, Erry menyambut gembira pelantikan Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum dan mengharapkan dapat mengantarkan USU menjadi salah satu perguruan tinggi yang berkualitas dan mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia, serta dapat memberikan kontribusi konstruktif dalam pembangunan nasional, khususnya Sumatera Utara.

Selain itu dia juga mengatakan perlunya pelaksanaan tata kelola perguruan tinggi yang baik (good university governance) dengan menerapkan prinsip-prinsip transparansi, akuntabel, profesionalisme serta mensinerjikan segala potensi keungggulan unik civitas akademika USU dalam semangat Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Jika hal ini dilakukan secara bertahap, terukur, disertai kesungguhan, niscaya USU mampu bersaing pada tingkat nasional, regional maupun global,” katanya.

Sementara, Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi RI Prof Intan Ahmad PhD berharap, rektor USU tetap menjaga kedamaian dan mengajak semua pihak untuk memajukan USU dan mewujudkan good university governance di lingkungan USU.

“Karena apabila USU baik, maka Indonesia pun akan lebih baik,” katanya.

Dia juga mengharapkan USU dapat lebih meningkatkan mutunya untuk menjadi center of action sesuai dengan visinya menjadi perguruan tinggi yang memiliki keunggulan akademik sebagai barometer kemajuan ilmu pengetahuan yang mampu bersaing dalam dunia global.

Berbicara tentang era MEA dia mengharapkan agar USU dapat meningkatkan akses untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia khususnya di Sumatera Utara.

“Diharapkan akan tumbuh generasi-generasi muda yang inovatif dan mampu berkompetisi di ranah global dan membawa bangsa Indonesia khususnya Sumatera Utara menjadi sejahtera,” sebutnya. (AFR)

Foto: Plt Gubsu, Tengku Erry Nuradi dan Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Sumatera Utara (USU) Todung Mulia Lubis usai melantik  Rektor USU yang baru, Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum. (bataktoday/afr)

  • Bagikan