Kepala BPS Siantar: Kerahasian Data & Informasi Sensus Ekonomi 2016 Dilindungi UU

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday –

Pelaksanaan Sensus Ekonomi (SE) 2016 merupakan pendataan lengkap seluruh kegiatan ekonomi yang ada di wilayah Indonesia, bertujuan mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi kecuali pertanian, untuk mendapatkan informasi potret utuh perekonomian bangsa, sebagai landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional maupun regional.

SE diselenggarakan setiap 10 tahun sekali pada tahun yang berakhiran angka ‘6’ mulai tahun 1986 lalu.

“SE tahun 2016 ini merupakan yang keempat,”ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pematangsiantar, Sawaluddin Naibaho, saat mensosialisasikan SE 2016 pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Siantar Barat, Senin pagi (1/2/2016).

Di hadapan Pj Walikota, Jumsadi Damanik, dan sejumlah pimpinan dan pegawai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), perwakilan organisasi masyarakat dan peserta Musrenbang, Naibaho mengimbau agar seluruh masyarakat berkenan memberikan informasi dan data yang dibutuhkan petugas sensus, manakala nantinya datang ke rumah-rumah warga.

Untuk itu, terang Naibaho, petugas sensus nantinya akan menanyakan berbagai hal kepada para pengusaha, antara lain nama usaha/perusahaan, alamat usaha, kegiatan utama usaha, status badan usaha, jumlah tenaga kerja, jaringan perusahaan, nilai pengeluaran perusahaan, nilai pendapatan perusahaan, permodalan, dan kendala serta prospek usaha.

“Untuk itulah, kami sekarang tengah merekrut tenaga petugas SE 2016 untuk ditempatkan di seluruh kecamatan yang ada di Kota Pematangsiantar. Kegiatan SE ini tidak berhubungan dengan pajak dan tidak dipungut biaya, dan kerahasiaan data dijamin serta dilindungi Undang-Undang Nomor 16/1997 tentang Statistik.Mari kita dukung dan sukseskan SE 2016 ini,” pintanya. (rel/ajvg)

Foto: Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pematang Siantar, Sawaluddin Naibaho, menyampaikan sosialisasi pelaksanaan Sensus Ekonomi 2016 pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Siantar Barat thun 2016, Senin (1/2/2016).

  • Bagikan