Terminal Tanjung Pinggir Siantar Segera Difungsikan

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday –

Setelah lebih 20 tahuntelantar, Terminal Bus Tanjung Pinggir Pematang Siantar akan segera difungsikan. Sembari dioperasikan, bangunan yang rusak akan segera direnovasi, dan sejumlah fasilitas yang rusak dan hilang secara bertahap akan diperbaiki dan diadakan.

“Jika tak difungsikan, kita tak tahu apa kekurangan terminal ini, padahal sudah besar biaya yang dkeluarkan pemerintah. Karena itu, saya minta Dinas Perhubungan segera memungsikannya tanpa ragu-ragu,” tegas Penjabat Walikota Jumsadi Damanik, Selasa (2/2/2016) pagi, saat Gelar Pasukan Pengamanan Lalu Lintas di Terminal Tanjung Pinggir.

Penjabat Walikota Jumsadi Damanik menyematkan badge Kawasan Tertib Lalu lintas (KTL) kepada salah seorang personil Dinas Perhubungan Kota Pematang Siantar.
Penjabat Walikota Jumsadi Damanik menyematkan badge Kawasan Tertib Lalu lintas (KTL) kepada salah seorang personil Dinas Perhubungan Kota Pematang Siantar.

Selama ini, Dinas Perhubungan tidak mengoperasikan terminal yang mulai dibangun pada era Walikota Abu Hanifah ini, karena kondisi bangunan serta fasilitasnya dinilai belum memadai. Demikian halnya kondisi jalan keluar masuk terminal dari arah simpang Jalan Medan menuju Jalan Pdt J Wismar Saragih dinilai belum layak dilintasi bus-bus berbadan besar.

Gelar pasukan pengamanan lalu-lintas yang ditandai dengan penyematan badge KTL (Kawasan Tertib Lalu lintas) di lengan kiri dua personil Dinas Perhubungan ini dilakukan dalam rangka mengefektifkan pengamanan lalulintas di inti kota, khususnya Jalan Sutomo- Merdeka sekitar Pasar Horas.

Sebagai Kawasan Tertib Lalu-lintas (KTL), di sekitar Pasar Horas akan disiagakan 30 personil Dinas Perhubungan bekerjasama dengan Satuan Lalu-lintas (Satlantas) Polres Pematang Siantar.

Selama ini, menurut Jumsadi, masyarakat menilai aparatur terkait abai soal penertiban lalu lintas maupun penataan perparkiran, khususnya di inti kota. Padahal, jumlah pegawai Dinas Perhubungan sebanyak 400 orang dinilai sangat mencukupi untuk melakukan penertiban arus lalu lintas.

“Dengan tenaga yang begitu banyak, saya berharap kemacetan lalu lintas di Kota Pematang Siantar bisa segera teratasi,” tegasnya di hadapan Kadis Perhubungan Posma Sitorus bersama jajarannya, dan Kasat Lantas AKP Gandi Yudanto.

Usai apel gelar pasukan, Pj Walikota bersama beberapa pejabat Pemko Siantar serta Kasat Lantas AKP Gandi meninjau lokasi jalan masuk terminal yang longsor. Jumsadi meminta Dinas Tarukim untuk segera memperbaiki dan menambah fasilitas penerangan jalan, dan PDAM diminta untuk memperbaiki instalasi air.

Pada kesempatan itu, Kasat Lantas AKP Gandi mengingatkan masyarakat melalui petugas Dishub, bahwa denda tilang di Kawasan Tertib Lalulintas (KTL) khususnya di sekitar Pasar Horas, lebih tinggi dibanding daerah yang bukan KTL. Karena itu masyarakat diharapkan dapat mematuhi rambu-rambu lalu-lintas serta melengkapi surat-surat kendaraannya. (rel/ajvg)

Foto: Penjabat Walikota Jumsadi Damanik meninjau lokasi jalan masuk Terminal Tanjung Pinggir yang mengalami longsor, Selasa (2/2/2016).

  • Bagikan