BPK Temukan Ketidakpatuhan Penggunaan Anggaran Pemko Medan

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

BPK Perwakilan Sumut menyatakan, pada penggunaan anggaran Pemko Medan tahun anggaran 2015 masih ditemukan beberapa pelaksanaan program dan kegiatan yang belum sesuai dengan ketentuan. Terhadap sejumlah temuan tersebut, BPK memberikan rekomendasi untuk ditindaklanjuti, yang tertuang dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Belanja Modal serta Belanja Barang dan Jasa Tahun Anggaran 2015 yang diserahkan kepada Pemko Medan di Gedung BPK Perwakilan Sumut Jalan Imam Bonjol  Medan,  Selasa (2/1/2016).

Demikian disampaikan Plt Kepala BPK Perwakilan Sumut saat penyerahan LHP kepada Pemko Medan yang diwakili Sekretaris Daerah Kota Medan Syaiful Bahri Lubis.

Ayub berharap, Pemko Medan segera menindaklanjutinya hasil pemeriksaan sesuai rekomendasi yang tertuang tertuang dalam LHP.

Didampingi Kasubdaud Sumut I, R Aryo Seto dan sejumlah auditor BPK RI Perwakilan Sumut, Ayub menjelaskan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan dengan tujuan tertentu, terkait  belanja modal serta belanja barang dan jasa tahun anggaran 2015. Hal ini sejalan dengan misi BPK untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, serta berperan aktif dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih, akuntabel, dan transparan.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah kita lakukan, hasilnya sebagian sudah baik dan memenuhi ketentuan yang berlaku. Namun begitu masih ada juga yang belum memenuhi ketentuan, seperti kelebihan perhitungan, kekurangan volume, serta pemahalan harga. Yang belum memenuhi ketentuan ini kita rekomendasikan untuk segera ditindaklanjuti,” terang Ayub.

Ayub mengingatkan, Pemko Medan diberi waktu 60 hari untuk melakukan tindak lanjut sesuai rekomendasi, terhitung sejak LHP diberikan.

“Semoga apa yang menjadi rekomendasi kita ini menjadi perhatian Pemko Medan. Sebab sesuai dengan peraturan, LHP yang kita sampaikan ini harus segera ditindaklanjuti,” ungkapnya.

Syaiful Bahri Lubis yang hadir bersama Ketua DPRD Medan Henry John Hutagalung, Inspektur Kota Medan Farid Wajedi, dan Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Irwan Ritonga, mengucapkan terima kasih atas pemeriksaan yang telah dilakukan BPK Perwakilan Sumut. Ia berjanji, rekomendasi hasil pemeriksaan secepatnya akan ditindaklanjuti.

Syaiful mengaku, berdasarkan LHP pihaknya dapat mengetahui apa yang menjadi kekurangan, sehingga secepatnya diperbaiki.

“Bagi saya BPK ini tak ubahnya sepeti seorang sahabat yang mengantarkan kembali ke jalan benar. Untuk itu LHP, beserta apa yang menjadi rekomendasi ini akan secepatnya kami tindaklanjuti,” paparnya.

Atas dasar itulah bilang Sekda, dirinya beserta seluruh jajaran Pemko Medan akan terus melakukan perbaikan agar ke depan menjadi lebih baik lagi. Tidak hanya dalam pengelolaan anggaran, juga pada saat memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Jadi saya akan kontrol langsung perbaikan sesuai rekomendasi yang disampaikan BPK Perwakilan Sumut ini. Di samping itu, saya juga minta masukan dan arahan dari Ketua DPRD Medan dalam melakukan perbaikan tersebut,” ungkap Syaiful. (AFR)

Foto: Sekda Kota Medan Syaiful Bahri Lubis menandatangani berita acara serah terima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Belanja Modal serta Belanja Barang dan Jasa Tahun Anggaran 2015 Pemko Medan di Gedung BPK Perwakilan Sumut Jalan Imam Bonjol  Medan,  Selasa (2/1/2016). (bataktoday/afr)

  • Bagikan