Jumsadi: Dewan Pengawas PDAM Tirtauli Jangan Main Proyek

  • Bagikan

Pematangsiantar, BatakToday –

Sesuai Permendagri Nomor 50 Tahun 1999 tentang Kepengurusan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Dewan Pengawas bertugas mengawasi kegiatan operasional perusahaan daerah, serta memberikan pendapat maupun saran kepada kepala daerah tentang program kerja, maupun laporan keuangan perusahaan.

Kehadiran Dewan Pengawas (Dewas) harus memberi manfaat terhadap perbaikan kinerja PDAM Tirtauli dalam memberikan layanan maksimal kepada pelanggan. Dengan tugas dan fungsi tersebut, maka Dewan Pengawas tidak diperkenankan untuk ikut terlibat dalam aktivitas operasional perusahaan yang adalah domain manajemen perusahaan, misalnya dengan ikut main proyek.

Demikian arahan Penjabat Walikota Pematangsiantar, Jumsadi Damanik, saat melantik 5 orang Dewaan Pengawas PDAM Tirtauli, yakni Chaidir Sitompul (Ketua), Johny Manurung (Sekretaris), Maria SM Purba, Deni Naeko Raja Damanik, dan Sarmahita Damanik, Kamis pagi (4/2/2016) di Ruang Data Balai Kota Pematangsiantar.

Pelantikan Dewan Periode 2016-2019 ini berdasarkan SK No.820/047/II/WK-THN 2016 tanggal 3 Pebruari 2106 dan sekaligus memberhentikan Dewan periode 2013-2016 melalui SK No.820/046/II/WK-THN 2016 pada tanggal yang sama.

“Sebagai perpanjangan tangan Walikota, saudara agar bekerja profesional sesuai ketentuan, guna mendorong peningkatan pendapatan PDAM Tirtauli. Saya minta jangan ada anggota Dewan Pengawas yang bermain proyek di PDAM, karena tupoksi saudara bukan itu,”tegas Jumsadi.

Jumsadi juga mengingatkan agar jajaran direksi dapat segera bersinergi dengan dewan pengawas dalam memajukan perusahaan yang kerap mendapat kritikan masyarakat ini.

“Masyarakat mengharapkan pelayanan yang prima, apalagi mereka membayar dengan harga tinggi. Saya minta tidak ada lagi air yang sampai ke pelanggan warnanya kuning atau keruh dan berbau, serta menjamin kelancaran distribusi air,” tegas Jumsadi.

Jumsadi menegaskan, tugas pertama dewan pengawas adalah segera memilih secara selektif Direktur Teknik definitif pengganti Robert Sibarani yang telah memasuki masa pensiun. Saat ini, untuk mengisi kekosongan, Direktur Teknik dijabat sementara oleh Paruhum Siregar.

Selain dewan direksi dan jajarannya, pelantikan juga dihadiri para Staf Ahli Walikota, Asisten, Tim Seleksi, perwakilan SKPD, dan sejumlah anggota DPRD.

Tak satupun dari anggota dewan pengawas periode sebelumnya yang hadir,  meski menurut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pariaman Silaen,  mereka diundang untuk menghadiri pelantikan tersebut. (rel/ajvg)

Foto: Penjabat Walikota Pematang Siantar Jumsadi Damanik foto bersama dengan jajaran Dewan Pengawas PDAM Tirtauli periode 2016-2019 usai pelantikan di Ruang Data Balai Kota Pematangsiantar, Kamis (4/2/2016).

  • Bagikan