Kadiv Humas Polri: Mabes Siap Kirim Pasukan Berantas Preman Medan

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

‪Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Anton Charliyan mengatakan, antisipasi yang dilakukan Polri dalam setiap bentrokan merupakan tanda adanya negara ditengah masyarakat.  Pihaknya tak ingin membiarkan aksi-aksi premanisme tumbuh subur. ‎Perkumpulan pemuda diciptakan berdasarkan dua tujuan, yakni kemanusiaan dan kesejahteraan.

‪”Ini bukti hadirnya negara, dan polisi tidak kalah dengan preman. Kalau perlu Mabes Polri kirim pasukan untuk berantas preman di Medan ini,” tegasnya  Kamis di Medan (4/2/2016).

‪Ia mengatakan, jika perkumpulan melenceng dari tujuan tersebut dan berbau premanisme, pihak kepolisian berhak untuk melakukan penindakan. ‎‎Tidak hanya ditindak, jika memang perlu untuk dibubarkan, bisa saja hal tersebut dilakukan.

‪”Jika memang tidak sesuai dengan tujuan, silakan saja itu dibubarkan. Sudah bukan zamannya lagi premanisme ditonjolkan,” tegasnya.

Anton memastikan, tidak ada intervensi dari pihak-pihak tertentu terkait proses hukum dan penyidikan terkait bentrokan antar dua kubu organisasi kepemudaan (OKP) di Medan.

‪Dengan tegas ia menyatakan, siapa saja yang melakukan tindakan pidana akan ditindak tanpa pandang bulu. Ia pun tak ingin ada pihak yang mengangkangi Polri sebagai institusi penegak hukum.

‪”Tidak ada intervensi dari kedua kubu,” ungkapnya.

‪Pihaknya saat ini tengah mendalami apakah ada aktor intelektual yang berdiri dibalik konflik ini. Ia pun menekankan, agar peristiwa yang terjadi, Sabtu 30 Januari 2016 lalu menjadi introspeksi bagi semua pihak.

“Jangan saling menyalahkan dalam situasi seperti ini,” pesannya.

Atas peristiwa tersebut, pihak kepolisian telah mengamankan dan melakukan penetapan 25 orang tersangka. Jumlah ini kemungkinan akan bertambah seiring bukti-bukti yang didapat pihak penyidik.

‪Anton mengimbau, kepada semua pihak yang memiliki bukti berupa foto dan video terkait bentrok tersebut, agar dapat menyerahkannya ke pihak penyidik. Hal itu dilakukan guna membantu penyidikan agar kasus tersebut cepat selesai. (AFR)

Foto: Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Anton Charliyan.

  • Bagikan