108 Pejabat Struktural Tobasa Akhirnya Kembali ke Posisi Semula

  • Bagikan

Toba Samosir, Batak Today –

Sebanyak 108 orang pejabat struktural yang sempat dimutasi dan diangkat oleh mantan pelaksana tugas bupati Toba Samosir, Liberty Pasaribu pada 22 April 2015 lalu, akhirnya secara resmi dikembalikan ke jabatan mereka sebelumnya.

Pengembalian jabatan tersebut ditandai dengan penyerahan SK kepada seluruh pejabat bersangkutan, disaksikan Wakapolres, Kajari Balige, perwakilan Dandim, dan Sekdakab Audi Murphy Sitorus, di Aula Kantor Bupati di Balige, Kamis (4/2/2016).

Mutasi dan pengangkatan pejabat struktural Eselon II, III dan IV yang dilakukan oleh mantan Plt Bupati Liberty Pasaribu, sesuai dengan SK Bupati Toba Samosir No.123 Tahun 2015 tertanggal 22 April 2015, dinilai tidak sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Penjabat Bupati Tobasa Hasiholan Silaen mengatakan, pengembalian ke jabatan semula tersebut dituangkan dalam SK Bupati Tobasa Nomor 61 Tahun 2016 yang merupakan pembatalan atas SK Bupati No.123 Tahun 2015 tanggal 22 April 2015.

Pembatalan SK Bupati No.123 Tahun 2015 tanggal 22 April 2015 sendiri melalui proses panjang. Reaksi para pejabat yang menilai SK tersebut telah mengangkangi peraturan yang berlaku, direspon Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dengan menerbitkan surat rekomendasi nomor B/455/KASN/5/2015, tanggal 31 Mei 2015, perihal pembatalan SK Bupati Toba Samosir No. 123 Tahun 2015.

Berdasarkan surat rekomendasi KASN, Menteri Dalam Negeri RI selanjutnya memberi arahan dengan surat nomor 820/5523/OTDA tanggal 4 November 2015, yang kemudian ditindaklanjuti oleh Gubernur Sumatera Utara dengan surat nomor 800/16332/BKD/III/2015 tanggal 2 Desember 2015.

Perjuangan panjang itu berhasil diwujudkan setelah Menteri Dalam Negeri melalui surat nomor 830/281/SJ tanggal 28 Januari 2016 memberikan ijin pengembalian ke dalam jabatan semula bagi pejabat eselon II, III dan IV dan jabatan fungsional umum di lingkungan Kabupaten Toba Samosir.

“Saya berharap, pengembalian jabatan ini membawa dampak dan manfaat yang besar ke arah yang lebih baik untuk ke depan, serta dapat lebih meningkatkan kinerja guna pencapaian sasaran di bidang pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Hasiholan.

Hasiholan menambahkan, kepada pejabat yang dikembalikan ke dalam jabatan fungsional umum atau staf, diharapkan dapat menerima pengembalian itu dengan lapang dada.

“Sebagai PNS sejati, hal ini harus dapat diterima dengan baik, dan siap bekerja, memahami tugas dan tanggung jawab yang diemban dengan sungguh-sungguh, mengabdi seoptimal mungkin dengan dilandasi kesabaran, ikhlas, tanpa pamrih, berupaya menghindari perbuatan tercela, dan selalu meminta pertolongan Tuhan,” imbaunya.

Pejabat eselon II yang dikembalikan ke jabatan semula diantaranya, Salomo HK Simanjuntak kembali menjadi Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdakab, Pargaulan Sianipar kembali menjabat Kadishubkominfo, dan Berliana Sitompul kembali menjabat Staf Ahli Bupati.

Berikutnya, Arifin Silaen kembali kejabatan Kadis Pasar, Tito Siahaan kembali menjabat Staf Ahli Bupati, Bangsomen Silaen kembali menjabat Kepala BP2TPM, James Silaban kembali ke jabatan Kepala Bappeda, dan Budiyanto Tambunan kembali menjadi Kaban Kesbangpollinmas.

Selanjutnya, Kasten Panjaitan kembali menjabat Kepala BKD, Eston Sihotang kembali menjabat Kadisnaker, Joni Hutajulu kembali menjabat Kadis Pertanian, Bresman Simangunsong kembali menjabat Kadis PU, dan Espon Simanjuntak kembali ke jabatan semula sebagai Kepala BPBD. (AP)

Foto: Penjabat Bupati Hasiholan Silaen saat menyerahkan SK Pengembalian Jabatan kepada 108 orang pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir, di Aula Kantor Bupati Tobasa, Kamis (4/2/2016). (bataktoday/ap)

  • Bagikan