Benget Silitonga: Masyarakat Siantar Jangan Apatis Pilkada

  • Bagikan

Simalungun, BatakToday –

Komisioner KPU Sumut, Benget Silitonga, imbau masyarakat Kota Pematangsiantar jangan apatis terhadap pilkada yang  pelaksanaannya belum dapat dijadwal ulang karena proses hukum masih berlangsung di pengadilan. Setelah proses peradilan usai dan jadwal pemungutan suara ditetapkan, KPU Sumut akan meminta KPU Pematangsiantar untuk melakukan serangkaian sosialisasi yang diharapkan dapat memulihkan minat masyarakat untuk menggunakan hak pilih.

Hal itu diutarakan Benget kepada BatakToday usai mengikuti acara konsolidasi dan sosialisasi pelaksanaan Pilkada Simalungun di gedung MUI Kabupaten Simalungun, Kamis (4/2/2016).

“Sebagai penyelenggara, kami hanya bisa menunggu saja proses persidangan PTUN ini bisa cepat selesai, sehingga ada kepastian bagi peserta dan masyarakat, serta bagi penyelenggaranya juga untuk melaksanakan pilkada,” ujar Benget.

Ditanya mengenai sikap KPU Provinsi jika KPUD Siantar kalah dalam persidangan gugatan Surfenov-Parlin, menurut Benget jika hal itu terjadi, pihaknya akan membicarakannya ke KPU RI.

“Karena bagaimanapun, pilkada ini merupakan tanggung jawab bersama KPU RI berjenjang ke bawah. Tentu nanti hasil putusan peradilan akan kami diskusikan ke KPU RI,”

Komisioner KPU Sumut yang membidangi Divisi Teknis Penyelenggaraan Pilkada ini menambahkan, jika sudah ada kepastian jadwal ulang Pilkada Siantar,  tentu akan dilakukan serangkaian sosialisasi untuk memulihkan minat masyarakat menggunakan hak pilihnya.

“Dengan kondisi jadwal Pilkada Siantar yang belum jelas ini, saya harapkan masyarakat Siantar jangan bersikap apatis. Kita berharap, masyarakat Siantar tetap menunggu putusan peradilan, karena inilah sistem pilkada kita sekarang. Kami sebagai penyelenggara harus tunduk kepada hukum,” tutup  Benget. (EM)

Foto: Komisioner KPU Sumut, Benget Silitonga. (bataktoday/em)

  • Bagikan