Buruh FSPMI Gelar Aksi Tolak PHK Massal di Medan

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Puluhan massa buruh yang tergabung dalam DPW Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) melakukan aksi unjukrasa di bundaran Jalan Gatot Subroto Medan, Sabtu (6/2), menggugat kebijakan pemerintah yang tidak berpihak kepada nasib kaum buruh.

Pimpinan aksi, Antoni Silalahi menyampaikan kekecewaannya kepada pemerintah yang hingga kini belum juga mencabut Peraturan Pemerintah No 78 tahun 2015 tentang Pengupahan.

“Jika pemerintah tetap tidak segera mencabut PP tersebut, maka dapat dipastikan gelombang PHK massal akan terus bertambah, mengingat daya beli masyarakat semakin tergerus dengan kebijakan pemerintah yang sangat tidak realistis terhadap masyarakat kalangan menengah ke bawah,” katanya.

Sebab, menurutnya, sejumlah perusahaan besar di Indonesia telah melakukan pemberhentian tenaga kerja dalam jumlah besar. Kondisi ini patutu dikhawatirkan, akan menjadi masalah yang semakin besar.

Pada kesempatan itu kaum buruh juga tetap menyoroti kinerja Dinas Tenagakerja dan pemerintah daerah dalam menyelesaikan sejumlah kasus perburuhan di daerah.

“Stop PHK massal dengan alasan perekonomian melemah,” seru Antoni.

Kesempatan itu juga dimanfaatkan untuk meminta pemerintah agar menaikkan UMP Sumut dan UMK Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, dan Kabupaten Serdang Bedagai sebesar 25 persen. Aksi ini berjalan dengan damai. (ARF)

Foto: Unjukrasa buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) di bundaran Jalan Gatot Subroto Medan, Sabtu (6/2).

  • Bagikan