Kodam I/BB Perkenalkan Padi Varietas Baru di Siantar

  • Bagikan

Pematangsiantar, BatakToday –

Dalam mendukung program swasembada pangan yan dicanangkan Presiden Joko Widodo, Kodam I/BB kembalimemperkenalkan padi varietas baru kepada petani yang diberi nama Kartika 182. Dalam rangka sosialisasi kepada petani, Kepala Staf Kodim 0207/Simalungun Mayor Adi Sutrisno bersama Penjabat Walikota PematangsiantarJumsadi Damanik melakukan penanaman bersamadi areal persawahan petani di Kelurahan Tong Marimbun, Kecamatan Siantar Marimbun, Jumat pagi (5/2/2016).

Menurut Kepala Dinas Pertanian Robert Pangaribuan, jenis bibit baru ini sudah bisa dipanen dalam waktu 80 hari setelah penanaman, dengan kebutuhan benih 20 kg per hektar, dengan jarak tanam sistem legowo 1: 2. Hasil panen diperkirakan 8 ton gabah per hektar gabah, dengan biaya operasional sekitar Rp 7 juta per hektar, termasuk biaya pupuk, tenaga kerja, dan lain-lain.

Varietas baru ini, lanjutnya, merupakan hasil penelitian penangkaran benih yang dilakukan Kodam I/BB bekerjasama dengan Balai Penelitian Tanaman Pangan (BPTP) Kementerian  Pertanian yang berpusat di Bogor.

Peneliti BPTP Bogor, DrIr Nyoman Widiarta, yang turut hadir pada penanaman perdana menjelaskan, lembaganya secara konsisten melakukan penelitian untuk mendapatkan varietas padi baru dalam upaya mendorong swasembada pangan sejalan dengan program pemerintah.

“Kita terus mencoba melahirkan varietas-varietas baru sehingga tersedia banyak pilihan benih kepada petani, yang tentunya dicocokkan dengan kondisi lahan masing-masing dalam rangka mendukung program Presiden Joko Widodo mewujudkan swasembada pangan,”ujarnya

Pj Walikota, Jumsadi Damanik mengharapkan Dinas Pertanian secara tekun dan berkesinambungan untuk terus memotivasi para petani agar terus meningkat pengetahuan serta wawasan dalam mengolah lahan pertanian sawah yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan mereka. Para Petani juga dimotivasi agar bangga menjadi petani karena telah memberikan penghidupan bagi orang banyak.

“Saya mengharapkan agar petani-petani kita terus dibina dalam rangka pengelolaan lahan pertanian yang lebih modern namun efisien, dan pengasilannya meningkat. Jika kita hitung-hitung secara kasar saja, varietas baru ini bisa menghasilkan rata-rata Rp 7 juta/ hektar/ musim tanam. Ini tentunya butuh keseriusan kita bersama, apalagi TNI sudah memberikan dukungan penuh,”katanya. (re/ajvg)

Foto: Penanaman perdana padi varietas baru Kartika 182 yang diperkenalkan Kodam I/BB di  areal persawahan petani di Kelurahan Tong Marimbun, Kecamatan Siantar Marimbun, Jumat pagi (5/2/2016).

  • Bagikan