Kebun Teh Sidamanik, Sorga Wisata Selfie Remaja Siantar-Simalungun

  • Bagikan

Simalungun, BatakToday –

Aksi selfie menjadi bagian menarik dari kehidupan kaum muda beberapa tahun terakhir. Sejalan dengan dinamika anak muda, arena selfie bisa dimana saja, bahkan sering di tempat dan situasi yang riskan, misalnya di tengah keramaian lalu lintas.

Untungnya, kaum muda Siantar-Simalungun  hidup di kawasan dataran tinggi Danau Toba yang kaya panorama indah untuk ber-selfie ria.

Selain Danau Toba, akhir-akhir ini perkebunan teh di kawasan Sidamanik Kabupaten Simalungun menjadi pilihan menarik untuk melakukan ‘wisata selfie’.

Zeg, salah seorang wisatawan warga Siantar yang sedang berkunjung di kebun teh Sidamanik Jumat (5/1) mengatakan, selain panorama yang indah, kenyamanan aroma daun teh membawa kenikmatan tersendiri ketika melakukan aksi selfie.

Aksi selfie Presiden Amerika Barack Obama bersama PM Denmark Thorning-Schmidt dan PM Inggris David Cameron pada acara perkabungan pahlawan anti-apartheid Nelson Mandela. (huffingtonpost.com)
TEMPAT DAN SITUASI YANG SALAH: Aksi selfie Presiden Amerika Barack Obama bersama PM Denmark Thorning-Schmidt dan PM Inggris David Cameron pada acara perkabungan pahlawan anti-apartheid Nelson Mandela. (huffingtonpost.com)

“Selain pemandangan yang indah, aroma khas daun teh yang begitu kental membuat suasana sangat nyaman untuk melakukan selfie,” terang Zeg.

Hal senada diungkapkan Lucy Sinaga. “Kami sering selfie disini. Panorama hijau kebun teh yang membentang luas sangat indah untuk melakukan selfie,” ujarnya.

Putri Kekaisaran Rusia Pelopor Selfie

Selfie atau foto narsisis adalah jenis foto potret diri yang diambil sendiri dengan menggunakan kamera digital atau telepon kamera. Selfie sering dikaitkan dengan narsisisme, terutama dalam jejaring sosial.

Di industri hiburan Korea, istilah yang digunakan adalah selca (singkatan untuk self camera). Pose yang digunakan umumnya bersifat kasual, dan diambil dengan menggunakan kamera yang diarahkan ke diri sendiri, atau bisa juga melalui cermin. Objek foto ini biasanya hanya si fotografer atau beberapa orang yang bisa dijangkau oleh fokus kamera. Foto narsisis yang melibatkan beberapa orang disebut dengan “foto narsisis kelompok”.

Pada tahun 2013, kata selfie secara resmi tercantum dalam Oxford English Dictionary versi daring, dan bulan November 2013, Oxford Dictionary menobatkan kata ini sebagai Word of the Year tahun 2013, menyatakan bahwa kata ini berasal dari Australia.

Mengambil foto diri sendiri sudah dilakukan sejak munculnya kamera boks Kodak Brownie pada tahun 1900. Metode ini biasanya dilakukan melalui cermin. Putri Kekaisaran Rusia, Anastasia Nikolaevna, adalah salah satu remaja yang diketahui pertama kali mengambil fotonya sendiri melalui cermin untuk dikirim kepada temannya pada tahun 1914. Dalam surat yang dikirim bersama foto itu, ia menulis: “Saya mengambil foto ini menggunakan cermin. Sangat susah dan tangan saya gemetar”.

Aksi selfie di kawasan perkebunan teh milik PTPN IV di Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Jumat (5/2/2016). (bataktoday/em)
Aksi selfie di kawasan perkebunan teh milik PTPN IV di Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Jumat (5/2/2016). (bataktoday/em)

Awal penggunaan kata selfie terjadi pada tahun 2002. Kata ini pertama kali muncul dalam sebuah forum Internet Australia (ABC Online) pada tanggal 13 September 2002.

Sejarah mutakhir mencatat, aksi selfie bisa menjadi masalah besar jika dilakukan tidak pada tempat dan situasi yang pantas. Pelakunya tidak tanggung-tanggung: Presiden Amerika Barack Hussein Obama!

Seperti dimuat Washington Post, Rabu (11/12/2013), alih-alih khidmat mengikuti acara perkabungan Mandela, Obama dan Perdana Menteri (PM) Denmark Thorning-Schmidt tampak asyik berfoto selfie atau narsis di bangku stadion. PM Inggris David Cameron sempat ikut foto bersama. Ketiganya tampak tersenyum lebar.

Ketika itu, Michelle Obama tampak tak tertarik ikut Obama dan 2 PM negara Eropa itu asyik narsis. The First Lady dengan wajah yang kaku hanya memfokuskan pandangan ke depan melihat para pemimpin dunia menyampaikan penghormatan terakhir pada pahlawan anti-apartheid itu.

Foto narsis Obama, Thorning-Schmidt, dan Cameron mendapat banyak kritik dari sejumlah pihak, terutama di media sosial. Banyak yang menilai foto itu tidak pantas untuk dilakukan pada acara perkabungan Mandela.

Peristiwa itu juga dikabarkan menjadi pemicu memburuknya hubungan rumahtangga Obama dengan Michelle yang sebelumnya sudah banyak mengalami masalah. (EM/red)

  • Bagikan