Camat Tarabintang Humbahas Diduga Kutip Dana Desa Rp 10 Juta Per Kades

  • Bagikan

Humbahas, BatakToday –

Berdalih uang terima kasih, Camat Tarabintang Kabupaten Humbahas, Robert Marbun diduga melakukan pungutan terhadap pengelolaan Dana Desa dari 9 kepala desa di kecamatannya masing-masing senilai Rp 10 juta per desa. Praktik nakal yang dilakoni Robert itu terkuak setelah adanya pengakuan sejumlah kepala desa kepada Bataktoday, Selasa,(2/2/2016) lalu.

“Lebih detail peruntukan kutipan dana desa Rp 10 juta per desa tidak kami ketahui. Yang pasti kutipan dana desa itu, kata Pak Camat sebagai uang terimakasih kepada camat, tim pengelola, pihak yang mengurus pencairan dana desa, dan pimpinan di Kabupaten, serta aparat hukum,” ujar salah seorang kepala desa yang meminta identitasnya tidak disebutkan.

Ditempat terpisah, seorang kepala desa yang lain juga mengakui kutipan dana desa Rp 10 Juta itu dilakukan camat tarabintang saat pencairan Dana Desa tahap kedua, yakni bulan Oktober 2015 lalu.

”Uang yang kita berikan itu pada pencairan tahap kedua, tepatnya bulan Oktober,” ucapnya.

Para kepala desa itu mengaku kesal atas kutipan yang tidak jelas peruntukannya itu.

“Kami yang pontang-panting membuat surat pertanggungjawaban, namun alasan Pak Camat kutipan itu untuk uang terimakasih dan pengamanan kepada aparat hukum,” tandas mereka kompak.

Sementara, Camat Tarabintang Robert Marbun yang dikonfirmasi Jumat (5/2) pekan lalu di Dolok Sanggul melakukan kutipan itu. Robert berkilah bahwa yang diterimanya dari masing-masing kepala desa itu adalah uang jasa sebagai ucapan terimakasih.

“Sebenarnya para kepala desa yang mengajak saya jumpa, dan mereka memberikan uang itu sebagai ucapan terimakasih. Saya terima, dan itu sah-sah saja.” kilah pria yang sudah tiga tahun menjabat Camat Tarabintang itu.

Begitupun, Robert siap untuk dikonfrontir dengan 9 kepala desa yang menuding dirinya melakukan potongan untuk pengamanan.

“Saya siap dikonfrontir dengan kepala desa, jika dipanggil satu per satu,” kilahnya. (FT)

Foto: Kantor Camat Tarabintang Kabupaten Humbang Hasundutan.

  • Bagikan