Imigran Gelap asal Myanmar Diamankan di Tanjung Anom Deli Serdang

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Ditemui tanpa dokumen resmi, sebanyak 17 warga negara asing asal Myanmar diamankan polisi di kawasan Tanjung Anom, Kabupaten Deli Serdang. Kehadirannya dinilai ilegal, sehingga akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

‪Ke-17 orang tersebut adalah Kamar Husein (45), Abdul Qosim (40), Mahoddim Kusim (17), Jurahatta (37), Syamsuar (24), Hallim Mahatu (35), Semuara (35), Hasinah (8), Rujinah (8), Saimah Parmin (3), Patimah (11), Abdul Saleh (8), Mamo Sukuri (2), Humida (3), Asma usia dua bulan, Amanullah (5), dan Arman (8).

Menurut pengakuan seorang diantaranya, awalnya mereka masuk ke Malaysia, dan disana mereka dirazia petugas dan menanyakan kelengkapan dokumen resmi.

‪”Disitu ada ada dua orang pria asal Malaysia, menyatakan kepada petugas akan mengurus dokumen kami. Disitu kami selamat,” jelasnya.

‪Sebelum dokumen selesai, kedua pria tersebut menyarankan mereka untuk pergi ke Indonesia dengan menggunakan kapal tongkang.

‪”Kami naik kapal tongkang ke Batam. Selanjutnya, kami naik bus dan diturunkan di kawasan Tanjung Anom, Kabupaten Deli Serdang. Setelah kami turun, kedua pria itu melarikan barang-barang kami. Untung saja ada polisi yang menolong kami,” katanya.

‪Kapolsek Medan Sunggal Kompol Harry Azhar ketika dikonfirmasi mengatakan, masih melakukan pendataan terhadap ke-17 WNA tersebut.

‪”Setelah kita data, ke 17 WN Myanmar itu akan kita serahkan ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan,” katanya. (AFR)

Foto: Imigran ilegal Rohingya, Myanmar. (Reuters)

  • Bagikan