Hujan Diprediksi Guyur Medan Hingga Minggu Depan

  • Bagikan

Medan,BatakToday

Diperkirakan hujan akan mengguyur Kota Medan hingga seminggu ke depan. Diketahui, sejak beberapa hari lalu hujan mengguyur kota ini hingga beberapa ruas jalan tergenang.

‪Seperti yang terjadi di Jalan HM Said menuju Jalan HM Yamin, Medan, sepanjang 500 meter air tergenang setinggi dengkul orang dewasa, Rabu (10/2/2016).

Beberapa kendaraan terlihat was-was melintasi jalan tersebut. Pasalnya, pengguna jalan khawatir sepeda motor dan mobil mereka mogok karena air yang tergenang. ‎

‪Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan memperkirakan, hujan akan terus berlangsung hingga seminggu ke depan. ‪Masyarakat diimbau agar tetap waspada terhadap ancaman banjir.‎

‪“Diprediksi kondisi ini (hujan, red) akan terus terjadi hingga seminggu ke depan,” ungkap Sunardi, Kabid Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Sunardi.

‪Kota Medan saat ini tengah mengalami musim kemarau. Namun, awan dari Asia yang membawa uap air menuju Sumatera menyebabkan anomali cuaca menjadi hujan.

‪“Masyarakat diimbau untuk menjaga drainasenya. Bagi masyarakat yang bermukim di daerah aliran sungai agar tetap waspada dengan adanya banjir,” imbaunya.

Trembesi Timpa Tujuh Rumah di Jalan Mantri

‪Sementara itu, satu pohon trembesi tumbang dan menimpa ‎sedikitnya tujuh rumah warga di Jalan Mantri, Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun, saat hujan turun sejak siang hari, Rabu (10/2).

‪Diduga pohon tersebut tumbang karena sudah lapuk termakan zaman. Kayu tersebut menimpa rumah milik, Aminah, Juli, Bambang, Rina, Arifin, dan dua rumah lagi milik saudara Ibu Aminah.

‪Aminah, 56 tahun warga Jalan Mantri yang rumahnya ikut tertimpa mengatakan, pohon tersebut tumbang setelah hujan reda sebentar.

‪”Enggak ada angin, memang kayu itu sudah tua,” ujar Aminah saat ditemu di lokasi kejadian.

Saat kejadian, dirinya tengah membersihkan kamar mandinya yang berada di bagian belakang, sedang anak-anaknya berada di depan.

“Ibu dengar dari belakang dapur ada suara letupan, dan ada api karena kabel listrik putus,” jelasnya.

‪Tiba-tiba saja ranting besar pohon tersebut menimpa rumahnya. Beruntung ia sempat menyelamatkan diri dan anak-anaknya.  Seorang anaknya yang bernama Evi, 20 saat itu sedang tidur. Akibat peristiwa tersebut, sang anak merasa terkejut dan wajahnya pucat pasih.

‪”Rumah saya hancur di bagian depan. Kalau yang parah ya disebelah kanan rumah saya,” papar Aminah.

‎Tiga orang mengalami luka ringan dalam kejadian tersebut, yakni Arifin (59), Alif (180, dan Tanjung (40), ketiganya warga Jalan Mantri, Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun. Arifin sempat dibawa kerumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

‪‪Sementara itu, Ali Umar, kepala lingkungan setempat mengatakan, akibat peristiwa tersebut tujuh rumah yang dihuni tujuh kepala keluarga rusak.

‪”36 jiwa yang tertimpa musibah sementara waktu tinggal di kelurahan,” ujarnya.

‪Atas kejadian tersebut, ia berharap Dinas Pertamanan membantu mengatasi permasalahan tersebut.

Foto: Pohon trembesi tumbang dan menimpa ‎sedikitnya tujuh rumah warga di Jalan Mantri, Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun, saat hujan turun sejak siang hari, Rabu (10/2). (news.okezone.com)

  • Bagikan