Kejari Dolok Sanggul Akan Selidiki Dugaan Kutipan Dana Desa

  • Bagikan

Humbahas, BatakToday –

Terkait dugaan kutipan Dana Desa di Kecamatan Tarabintang, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Kejaksaan Negeri (Kejari) Dolok Sanggul berjanji akan melakukan penyelidikan kepada semua kepala desa hingga Camat Tarabintang. Tidak hanya Tarabintang, Kejari juga akan menelusuri realisasi dana desa di seluruh Kabupaten Humbahas.

Komitmen itu disampaikan Kasi Pidsus Kejari Dolok Sanggul, Togap Silalahi didampingi Kasi Intel Ardiansyah kepada BatakToday di ruang kerjanya, Rabu (10/2/2016).

“Kita akan telusuri kutipan dan realisasi Dana Desa. Sebab dari pemberitaan di media, atas kutipan Dana Desa di Kecamatan Tarabintang, lembaga aparat hukum telah dibawa-bawa dengan dalih pengamanan. Ini sudah pencatutan dan patut ditindak sesuai hukum berlaku,” tukas Ardiansyah.

Terpisah, ketua DPRD Kabupaten Humbahas Manaek Hutasoit saat dimintai tanggapannya menyayangkan tindakan Camat Tarabintang yang dengan sengaja melawan hukum.

“Kutipan Dana Desa secara otomatis mengurangi kualitas pembangunan di desa dan kesejahtraan masyarakat desa,” katanya.

Politisi Partai Golkar itu mengatakan, pihaknya akan melakukan rapat dengar pendapat (RDP) dengan Camat Tarabintang.

“Kita perlu memanggil oknum camat itu dan melakukan dengar pendapat. Apa dasar camat melakukan pengutipan dana desa,” tukasnya.

Sebelumnya diberitakan, Camat Tarabintang Robert Marbun kutip dana desa di Kecamatan Tarabintang sebesar Rp 10 juta per desa, sebagai uang terimakasih kepada camat, tim yang membantu pengurusan Dana Desa dan pimpinan di Kabupaten. Selain uang terimakasih, sebagian kutipan juga dialokasikan untuk pengamanan kepada aparat hukum di lingkungan Kabupaten Humbahas. (FT)

Foto: Kasipidsus Kejari Dolok Sanggul, Togap Silalahi ketika diwawancarai awak media di ruang Kasi Intel. (bataktoday/ft)

  • Bagikan