Jumsadi: “Siantar City Mall Sangat Menunjang Destinasi Wisata”

  • Bagikan

Pematangsiantar, BatakToday –

Pembangunan Siantar City Mall akan mendatangkan nilai tambah terhadap masyarakat dalam berbagai sektor, yang intinya menunjang perkembangan kota menuju konsep modern. Selain itu, kehadiran pusat perbelanjaan modern ini akan membuka lapangan kerja kepada banyak orang, dan perputaran ekonomi juga dipastikan meningkat dengan hadirnya transaksi bisnis beserta sektor usaha pendukung lainnya.

Hal itu ditegaskan Penjabat Walikota Pematangsiantar, Jumsadi Damanik didampingi Direktur Utama Perusahaan Daerah Pembangunan dan Aneka Usaha (PD-PAUS) Herowin Sinagakepada awak media, usai meninjau lokasi Rumah Potong Hewan (RPH) di Jalan Manunggal Karya, Kecamatan Siantar Marimbun, Jumat pagi (12/2/2016).

“Karena itulah, kita berharap agar pembangunan gedung Siantar City Mall ini bisa segera dilaksanakan, mengingat pula masyarakat sudah menanti-nantikannya sejak lama. Saya yakin dengan hadirnya fasilitas perbelanjaan modern seperti ini, Pematangsiantar yang kita upayakan menjadi destinasi wisata akan semakin cepat terwujud. Karena bagaimanapun juga, orang yang berwisata sangat butuh lokasi belanja yang modern, hiburan serta kuliner yang berkualitas dalam satu tempat yang nyaman.”

Peninjauan didampingi pihak investor, guna melihat secara langsung pembangunan RPH sebagai pengganti RPH Jalan Melanthon Siregar yang akan dijadikan lokasi Siantar City Mall.

Herowhin menjelaskan, pembangunan rumah toko (ruko) di lokasi RPH lama akan segera dilakukan dalam waktu dekat.

“Kita rencanakan minggu depan peletakan batu pertamanya sudah bisa kita laksanakan,”ujar Herowin.

Herowhin menambahkan, pembongkaran gedung RPH lama maupun kompleks perkantoran tidak dilakukan sekaligus, tetapi disesuaikan dengan perkembangan pekerjaan pembangunan di Jalan Melanthon maupun RPH yang di Jalan Manunggal.

“Dengan demikian, proses perpindahan RPH tak sampai mengganggu aktivitas pemotongan hewan yang menjadi kebutuhan warga Pematangsiantar,”ujarnya.

Sembari melihat langsung pengerjaan fisik RPH, Pj Walikota tampak memberikan sejumlah arahan kepada Direksi PD-PAUS. Pj Walikota mengharapkan RPH pengganti ini jangan asal jadi, tetapi harus bagus dan bermutu karena akan digunakan setiap harinya.

“Pengelolaan limbahnya juga harus ditangani dengan baik, jangan sampai mengganggu lingkungan sekitarnya,”ujarnya.

Seperti diketahui, peletakan batu pertama bangunan RPH Jalan Manunggal Karya telah dilaksanakan pada 26 Mei 2015 lalu oleh walikota saat itu, Hulman Sitorus. Namun hingga memasuki bulan kesembilan, bangunan tersebut tak kunjung selesai. diduga karena pelaksanaan pembangunan tidak dilaksanakan secara kontinu. (rel/red)

Foto: Penjabat Walikota Jumsadi Damanik saat meninjau bangunan RPH Jalan Manunggal Karya yang tak kunjung selesai, Jumat (12/2/2016).

  • Bagikan