70 Persen Drainase Kota Medan Tumpat dan Dangkal

  • Bagikan

Medan,BatakToday –

Kondisi drainase di Kota Medan memprihatinkan. Pasalnya, 70 persen drainase yan ada mengalami pendangkalan dan tumpat karena sampah. Hal itu diakui Pj Wali Kota Medan Randiman Tarigan saat melakukan gotong royong pengorekan drainase di Jalan Darussalam dan Jalan Sei Batang Hari Medan Sunggal, Sabtu (13/2/2016).

Menurut Randiman, kondisi ini terjadi akibat parit tidak dikorek dan dibersihkan dalam rentang waktu yang lama. Selain pemerintah lalai, menurutnya kondisi itu juga  semakin parah karena warga masyarakat tidak disiplin membuang sampah.

Randiman meminta para Camat se Kota Medan untuk mengimbau dan mengajak masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Imbau masyarakatnya agar jangan membuang sampah di drainase dan sungai,  karena drainase dan sungai bukan tempat pembuanagn samnpah,” tegasnya.

Penegasan Randiman ini berdasarkan hasil pantauannya saat pengorekan dilakukan. Yang terangkut adalah sampah.

Selain drainase, kondisi sungai di Kota Medan juga mengalami pendangkalan. Menurut Randiman, hal ini yang mengakibatkan ibukota provinsi itu kebanjiran saat hujan.

“Kita berharap ini menjadi perhatian pihak BWS Sumut. Sungai yang ada minta untuk di normalisasi karena sudah mengalami pendangkalan,” katanya.

Kondisi tumpat dan pendangkalan drainase, menurut Randiman, bukan saja mengakibatkan banjir, tapi juga menjadi sumber sejumlah penyakit terutama DBD, karena jentik nyamuk akan berkembang biak di genangan air.

Randiman meminta warga untuk mewasapadai terjadinya demam berdarah, dan Dinas Kesehatan diperintahkan segera melakukan fogging, serta mengantisipasi merebaknya penyakit demam DBD di masyarakat.

Randiman juga meminta para Camat agar segera membentuk posko banjir,  mengingat Kota Medan dalam waktu dekat akan menghadapi musim penghujan, serta melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Medan. (AFR)

Foto: Penjabat Walikota Medan saat mengikuti gotong royong  pengorekan drainase di Jalan Darussalam Medan Sunggal, Sabtu (13/2/2016).

  • Bagikan