16 KDH Dilantik 17 Februari di Lapangan Merdeka Medan

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Sebagai tuan rumah pelantikan bupati/wakil bupati dan walikota/wakil walikota se-Sumatera Utara hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember 2015 lalu, Pemerintah Kota Medan mempersiapkan Lapangan Merdeka Medan yang dipilih dan ditetapkan menjadi lokasi pelantikan yang direncanakan digelar, Rabu (17/2/2016) sekitar pukul 09.30 WIB.

Bupati dan walikota yang dilantik berjumlah 16 orang, termasuk walikota dan wakil walikota Medan. Pelantikan akan dilakukan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi atas nama Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri). Diperkirakan, sekitar 2.000 orang akan menghadiri acara pelantikan yang baru pertama kali dilakukan secara serentak tersebut.

Demikian terungkap saat Sekda Provinsi Sumatera Utara (Provsu), Hasban Ritonga bersama Penjabat Walikota Randiman Tarigan serta sejumlah pejabat Provinsi Sumut dan Pemko Medan meninjau kesiapan Lapangan Merdeka, Minggu (14/2/2016) petang.

Sekda Hasban terlihat memberikan instruksi dan menetapkan bagian-bagian dari Lapangan Merdeka yang akan digunakan sebagai tempat pelantikan, termasuk lokasi pendirian tenda maupun panggung. Apalagi usai pelantikan, malam harinya direncanakan akan digelar pesta rakyat.

Pada kesempatan itu, Randiman meminta Asisten Kesejahteraan Masyarakat Erwin Lubis dan Asisten Umum Ikhwan Habibi berkoordinasi dengan Dinas Pertamanan agar memperbaiki pendopo Lapangan Merdeka. Selain ada beberapa asbes yang bolong, lampu-lampu gantung yang ada juga tampak buram sehingga perlu dibersihkan.

Usai peninjauan, Hasban kepada wartawan menungkapkan, ke-16 kepala daerah yang dilantik, masing-masing Kota Binjai, Kota Medan, Kabupaten Serdang Bedagai, Kota Tanjungbalai, Kota Sibolga, Kabupaten Labuhanbatu, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Pakpak Bharat, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Samosir, Kabupaten Asahan, Kabupaten Humbang Hasundutan, dan Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Dipilihnya Lapangan Merdeka sebagai lokasi pelantikan, Hasban mengatakan selain jumlah kepala daerah yang dilantik cukup banyak, juga agar masyarakat bisa melihat langsung kepala daerah hasil Pilkada serentak 2015 tersebut.

“Dalam pelantikan nanti, bupati/wakil bupati dan walikota/wakil walikota akan didampingi tim sukses maupun tokoh masyarakat, sehingga jumlahnya cukup banyak. Meski demikian kita akan batasi, masing-masing kepala daerah kita izinkan membawa beberapa yang wajib ditambah dengan 100 orang lagi,” kata Hasban.

Sementara itu menurut Pj Wali Kota Medan, Randiman Tarigan, peninjauan ini dilakukan agar persiapan yang dilakukan maksimal.

“Jika tidak hari ini kita tinjau, dikhawatirkan persiapan yang dilakukan tidak akan terkejar. Sebab, waktunya tinggal beberapa hari lagi,” jelas Randiman.

Pelantikan direncanakan dilakukan di pendopo Lapangan Merdeka, sedangkan untuk tamu dibuat tenda. Di samping itu juga dipersiapkan panggung untuk hiburan.

“Insya Allah, itu semua selesai. Kita harapkan pelantikan dapat berjalan dengan lancer,” katanya. (AFR)

Foto: Sekretaris Daerah Provsu Hasban Ritonga bersama Penjabat Walikota Medan didampingi Asisten Kesejahteraan Masyarakat Setdakot Medan Erwin Lubis melakukan peninjauan persiapan pelantikan 16 KDH se-Sumut di Lapangan  Merdeka Medan, Minggu (14/2/2016). (bataktoday/afr)

  • Bagikan