Ikadin Dorong Peningkatan Kualitas Advokat untuk Hadapi MEA

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Keberadaan asosiasi diharapkan ikut mempercepat peningkatan kualitas SDM advokat Indonesia sehingga dapat bersaing di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Hal itu disampaikan Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi saat menerima kunjungan unsur Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Sumatera Utara di ruang kerjanya, Kamis (18/2/2016).

“Diharapkan kalangan pengacara di Sumatera Utara lebih baik dan profesional lagi kedepannya,” ujar Erry.

Menurut Erry, pemberlakuan MEA jangan hanya dipandang sebagai ancaman, namun juga dilihat sebagai peluang besar. Karena itu ia berharap asosasi advokat dalam hal ini Ikadin dapat mendorong peningkatan kualitas SDM advokat, sehingga dapat memiliki kemampuan bersaing di era MEA.

Kehadiran unsur Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Sumatera Utara dalam rangka melaporkan dan mengundang Plt Gubsu terkait acara yang bertajuk “How To Be A Good Lawyer? Ikadin Character Building Session” yang akan digelar pada 20 Februari mendatang. Hadir Ketua Pelaksana Jamron Pasaribu bersama Riza Ozi Ananda, Andre Renardi, Gabriel Brahmana, dan E Daylon Sitanggang.

Plt Gubsu didampingi Kabiro Hukum Setdaprovsu H Sulaiman menyambut baik pelaksanaan acara tersebut, dan berharap dengan acara yang akan digelar akan terbentuk pengacara-pengacara yang baik dan profesional. Menurutnya, saat ini bangsa Indonesia sudah masuk dalam era MEA, sehingga mau tidak mau harus meningkatkan kualitas SDM termasuk pengacara.

Jamron menjelaskan, pada acara tersebut direncanakan akan hadir Ketua Umum Ikadin Pusat Prof Todung Mulya Lubis. Pada acara yang direncanakan akan digelar pada tanggal 20 Pebruari 2016 bertempat di convention hall Hotel Danau Toba Internasional Medan tersebut juga akan diadakan kuliah umum yang diisi langsung Prof Todung Mulya Lubis, dan juga kuliah perdana yang diisi Sekjen Pusat Zulfkifli.

Pada kesempatan tersebut juga akan digelar penandatangan MoU antara USU dengan DPD Ikadin. Suma­tera Utara dalam rangka kerjasama dengan Fakuktas Hu­k­um (FH) Univesitas Sumatera Utara  (USU) dalam penyelenggaraan Pendidikan Profesi Advokat (PPA) Ikadin.

“Diharapkan kehadiran Bapak Plt Gubsu guna membuka acara tersebut sekaligus memberikan sambutan,” harapnya. (AFR)

Foto: Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi foto bersama dengan pengurus DPD Ikadin Sumut saat pertemuan di ruang kerja Gubernur, Kamis (18/2/2016). (bataktoday/afr)

  • Bagikan