TPS-Syah akan Lakukan Gugatan atas Hasil Pilkada Simalungun

  • Bagikan

Simalungun, BatakToday –

Terkait hasil pleno KPUD Simalungun rekapitulasi perhitungan suara hasil Pilkada Simalungun 10 Februari pada hari Rabu (17/2/2016) yang menetapkan  kemenangan pada Paslon nomor urut 4 JR Saragih-Amran Sinaga, paslon nomor urut 1 Tumpak Siregar-Irwansyah Damanik pastikan akan melakukan upaya hukum.

Hal ini diungkapkan Tumpak Siregar kepada BatakToday di kediamannya di kawasan Rambung Merah Simalungun, Kamis (18/2/2016).

Tumpak memastikan, pihaknya sudah punya cukup bukti untuk mengajukan gugatan, seperti Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang dikeluarkan oleh pihak kepolisian terhadap Amran Sinaga, padahal yang bersangkutan sudah terpidana.

“Kita juga kecewa terhadap Pengadilan Negeri Simalungun yang mengeluarkan surat bersih diri terhadap Amran Sinaga, padahal sudah terpidana dan kasusnya di sidang di Pengadilan Negeri Simalungun,” ujar Tumpak.

Tumpak juga mengungkapkan, surat keterangan kesehatan yang digunakan JR Saragih pada pendaftaran tidak menggunakan hasil pemeriksaan oleh tim kesehatan di RSUD Djasamen Saragih, namun menggunakan surat keterangan dari rumah sakit lain yang tidak ditunjuk KPU Simalungun.

Tumpak menambahkan, ia juga punya temuan-temuan kecurangan di lapangan saat proses pemungutan suara, seperti terdapatnya dua versi kertas suara yang digunakan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Yang jelas kita menolak hasil perhitungan  pleno KPUD Simalungun tersebut yang memenangkan paslon JR Saragih-Amran Sinaga. Untuk upaya hukum yang akan kita lakukan terhadap pelaksanaan Pilkada Simalungun, kita akan diskusikan dulu dengan tim,” terang Tumpak.

Untuk diketahui, pleno KPU Kabupaten Simalungun dalam rangka rekapitulasi perhitungan perolehan suara berakhir Rabu (17/2/2016) malam, dan menetapakan pasangan calon JR Saragih-Amran Sinaga sebagai peraih suara terbanyak dengan perolehan 120.860 suara atau 34,74 persen, unggul dari pasangan Tumpak Siregar-Irwansyah Damanik yang meraih 92.454 suara atau 26,57 persen. (EM)

Foto: Tumpak Siregar. (bataktoday/em)

  • Bagikan