Singapura Asal PMA Terbesar di Sumut

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Singapura menjadi negara asal Penanaman Modal Asing (PMA) teratas di Sumatera Utara dengan jumlah realisasi mencapai 1,58 miliar USD sampai tahun 2015. Pelaksana Tugas Gubernur Tengku Erry Nuradi berharap jumlah investasi ini bisa semakin meningkat pada tahun 2016.

Erry memaparkan, berdasarkan data pada Badan Penanaman Modal dan Promosi Sumatera Utara, rencana investasi Singapura di Sumut mencapai 2,24 miliar US$ atau Rp 28 triliun. Adapun realisasi dari rencana investasi tersebut hingga tahun 2015 berada pada urutan pertama dengan total realisasi mencapai 1,58 miliar US$ atau berkisar Rp 12,6 triliun.

Mengingat hal tersebut, Erry mengharapkan tahun 2016 ini jumlah realisasi investasi Singapura di Sumatera Utara dapat lebih meningkat.

“Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan hubungan perekonomian pada masa mendatang,” ujar Erry pada acara Pertemuan Tahun Baru Cina dan pemutaran film “Mimpi Sejuta Dolar by Merry Riana” di Hotel Aston Medan, yang diselenggarakan Konsul Jenderal Singapura di Medan, Sabtu (20/2/2016).

Salah satu program yang perlu dilakukan, menurut Erry, adalah pertemuan bisnis antara kedua pihak, yaitu Singapura dan Sumatera Utara, untuk membahas peningkatan kerjasama ekonomi. Melalui pertemuan bisnis tersebut, akan dibahas berbagai kendala yang dihadapi investor dan langkah penyelesaian yang perlu diambil.

Erry mengatakan, pihaknya membuka luas komunikasi bagi para investor.

“Jika mendapati kendala, silahkan sampaikan kepada Konjen Singapura, dan kemudian Konjen bisa sampaikan kepada kami,” ujar Erry didampingi Kepala Bada Penanaman Modal dan Promosi Sumut Purnama Dewi di hadapan Konjen Singapura Mark Low.

Turut hadir pada kesematan tersebut, anggota DPD RI asal Sumut Parlindungan Purba, Sekda Kota Medan Syaiful Bahri, Konsul Kehormatan Turki Rahmat Shah, Konjen China Liu Wei Guo, Konsul Malaysia Amizal Fadzli, Wakil Konsul Jenderal Amerika Serikat Tamra H Greig, Konsul Norwegia Grace Ivana Lee, Konsul Polandia Jonner Napitupulu, Konsul Jerman Lilik Darmadi, Konsul Belanda Ony Indra Kusuma, unsur SKPD Provsu dan warga Singapura di Sumut.

Dalam kesempatan itu, Erry Nuradi atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menyampaikan selamat tahun baru Cina 2567 sekaligus menandakan masuknya musim semi.

“Mudah mudahan dalam tahun kera api ini kita semua bisa mendapatkan semangat tinggi dan rezeki yang melimpah,” ujar Plt Gubsu.

Dalam kesempatan itu dilaksanakan pemutaran film Mimpi Sejuta Dollar, yang diangkat dari kisah nyata pemuda asal Indonesia Merry Riyana yang menimba ilmu di Singapura.

“Film ini patut ditonton, khususnya bagi generasi muda Indonesia. Film dari kisah nyata ini membuktikan bahwa kalau ingin sukses, harus kerja keras,” kata Erry.

Konsul Jenderal Singapura di Medan, Mark Low mengatakan, tahun 2016 akan menjadi tahun yang sibuk mengingat Indonesia dan Singapura akan merayakan 50 tahun hubungan diplomatik. Mark Low juga mengungkapkan harapan yang sama, yakni hubungan yang lebih erat antara Singapura dengan Indonesia,  khususnya Sumatera Utara.

“Kita akan terus mengupayakan peningkatan hubungan yang lebih erat dan berkualitas dalam era komunitas ekonomi Asean,” ujarnya. (AFR)

Foto: Plt Gubsu Tengku Erry Nuradi didampingi Konjen Singapura Mark Low dan jajaran diplomat asing di Sumut berkesempatan berfoto sebelum acara pemutaran film“Mimpi Sejuta Dolar By Merry Riana” yang diselenggarakan Konsul Jenderal Singapura di Hotel Aston Medan, Sabtu (20/2/2016). (bataktoday/afr)

  • Bagikan