Pintu Sumut Terbuka untuk Investor India

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Tengku Erry Nuradi mengajak investor India untuk berinvestasi di berbagai bidang di Sumut. Seiring dengan itu, investor India di Sumut diharapkan menyampaikan kendala dan hambatan yang dialami dalam berinvestasi di Sumut.

Hal itu disampaikan Tengku Erry Nuradi pada pembukaan Bazar India dengan tema Flavour Of India, di kediaman Konsul Jenderal (Konjen) India, Jl Uskup Agung Medan, Minggu (21/2/2016). Acara itu juga sekaligus sebagai persiapan penyambutan Konjen India yang baru untuk Medan, Mrs Hayar Hujaz.

Hadir pada bazar, Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia Mrs Nengcha Lhouvun Mukhophadhaya, Konjen India di Medan Mr Basir Ahmed bersama calon penggantinya Mr Hayar Hujaz, Konjen Malaysia Amizal Fadzli Razali, Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution, Ketua Dekranasda Sumut Hj Sutias Handayani, Ketua IKAPI Sumut Hj Rosna Nurlaili Siregar, Ketua BKW Sumut, dan sejumlah pejabat lainnya.

Erry menyatakan apresiasi atas terselenggaranya Bazar India dengan melibatkan pengusaha Indonesia yang tergabung dalam Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Sumut. Menurutnya, bazar tersebut merupakan cermin hubungan harmonis antara masyarakat India dengan masyarakat Kota Medan.

“Indonesia dan India memiliki banyak kesamaan. Indonesia dan India adalah dua negara demokrasi terbesar di dunia,” ujar Erry.

Secara geografis, Indonesia dan India juga sangat dekat. Dari Pulau Weh di Sabang ke Pulau Andaman India, hanya berkisar 40 mil laut atau 60 km.

“Jaraknya lebih kurang dari Medan ke Tebing Tinggi saja,” tambah Erry.

Hubungan diplomatik Indonesia dengan India juga sangat baik. TNI AL Indonesia melakukan kerjasama latihan pengawasan laut dengan tentara laut India dua kali dalam setahun.

“Kerjasama latihan pengawasan laut ini juga mengeratkan antara kedua negara yang saling berdekatan,” jelas Erry.

Populasi masyarakat dan etnis India relatif banyak di Sumut, khususnya di Kota Medan dan berbaur harmonis dengan masyarakat pribumi.

“Saya berharap, Konsul India yang baru dapat melanjutkan hubungan kerjasama yang lebih erat dengan masyarakat Sumut,” harap Erry.

Badan Inverstasi dan Promosi Sumut mencatat, tidak sedikit investor asal India yang melakukan kerjasama bisnis dan ekonomi serta menanamkan modalnya di Sumut.

“Saya berharap, Konsul yang baru melakukan koordinasi dengan para investor yang menanamkan modalnya di Sumut, untuk menggelar diskusi dengan Pemerintah Provinsi, membahas apa kendala yang dihadapi dalam menjalankan investasi di Sumut, sehingga kami mengetahui apa hambatan yang dihadapi, sekaligus mencari solusinya,” pesan Erry.

Dengan demikian, kata Erry, investasi di Sumut dapat berkembang pesat dan menguntungkan kedua belah pihak, termasuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Sumut di masa mendatang.

Tidak lupa Erry mengajak investor asal India lainnya untuk menjajaki berbagai potensi yang dimiliki Sumut, baik bidang perdagangan, jasa dan bidang kepariwisataan.

“Kami juga berharap, Dubes India berkenan mengundang pengusaha Sumut untuk berkunjung ke India dan mengembangakn bisnis disana. Dalam acara ini, banyak pengusaha wanita asal Sumut yang hadir. Mereka sangat senang diundang berkunjung ke India,” sebut Erry.

Apresiasi disampaikan kepada Konjen India Mr Basir Ahmed atas kerjasama yang terjalin baik selama bertugas di Medan.

“Dengan berakhirnya jabatan Mr Basir Ahmed, masyarakat Medan khususnya dan Masyarakat Sumatera Utara, tentu merasa kehilangan. Apalagi selama ini Mr Basir Ahmed telah lama bersama kami. Saya berharap, Mr Basir mendapatkan promosi jabatan di India selepas dari Medan,” harap Erry.

Sementara Dubes India untuk Indonesia, Mrs Nengcha Lhouvun Mukhophadhaya mengungkapkan hal senada. Indonesia dan India memiliki banyak kesamaan, baik bidang budaya (kultur), makanan dan pemikiran.  Dalam sambutan singkatnya, Mrs Nengcha berharap, Indonesia dan India dapat meningkatkan hubungan kerjasama diplomatik yang telah terjalin baik selama ini.

Usai membuka Bazar India ditandai dengan pemotongan pita, Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, Dubes India untuk Indonesia Mrs Nengcha Lhouvun Mukhophadhaya dan rombongan meninjau puluhan stand dan gerai makanan. Rombongan juga menyempatkan diri meninjau stand layanan pemeriksaan kesehatan gratis yang tersedia, dan diakhiri dengan makan siang bersama.

Sebelumnya, Sabtu (20/2/2016) malam, Plt Gubernur Sumur Tengku Erry Nuradi, Walikota Medan Dzulmi Eldin, anggota DPD RI Parlindungan Purba, Rahmat Shah, pimpinan media massa di Medan, dan sejumlah pejabat lainnya,  menghadiri acara jamuan makan malam dalam rangka penyambutan Dubes India yang baru untuk Indonesia dan Timor Leste, Mrs Nengcha Lhouvum Mukhopadhaya, di Hotel Arya Duta, Jl Kapten Maulana Lubis Medan.

Erry Nuradi mewakili Gubernur se Sumatera mengucapkan selamat bertugas kepada Dubes Mrs Nengcha Lhouvum Mukhopadhaya.

“Mewakili gubernur di Kawasan Sumatera, saya ucapkan selamat datang dan selamat bertugas,” ujar Erry. (AFR)

Foto: Pelaksana Tugas Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi bersama Walikota Medan Tengku Dzulmi Eldin mangulosi Dubes India untuk Indonesia dan Timor Leste, Mrs Nengcha Lhouvum Mukhopadhaya, pada jamuan makan malam di Hotel Arya Duta, Jl Kapten Maulana Lubis Medan, Sabtu (20/2/2016). (bataktoday/afr) 

  • Bagikan