Dirut PD PAUS: Yang Pasti Kita Sudah Janji, Dana Mereka Harus Dikembalikan

  • Bagikan

Pematang Siantar, Bataktoday

Herowhin Sinaga, Direktur Utama Perusahaan Daerah Pembangunan dan Aneka Usaha (PD PAUS) Pematang Siantar, mengatakan bahwa para pembeli kios Pasar Melanthon Siregar yang tidak melanjutkan untuk melakukan  pembelian kios di Siantar City Mall, harus mengajukan pembatalan pembelian kios.

“Jika membatalkan pembelian kios di Siantar City Mall, harus mengajukan pembatalan. Dan nanti akan diverifikasi oleh PT SAI sebagai investor yang melanjutkan proyek tersebut (Proyek Pasar Melanthon, red.), yang berubah menjadi Siantar City Mall,” ujarnya dalam keterangannya kepada para wartawan, Senin (22/2), di lokasi pembangunan Siantar City Mall.

Herowhin lebih lanjut menerangkan bahwa dana yang sebelumnya terkumpul dari pembayaran uang muka untuk pembelian kios di Pasar Melanthon, yang tidak berlanjut, telah habis digunakan.

“Dana para calon pembeli yang dulu, sudah dipergunakan seluruhnya untuk pemancangan yang pertama, pembangunan RPH, pembelian pengganti kantor Polisi, dan pembelian pengganti RPH,”

Menurut Herowhin , salah satu isi kesepakatan PD PAUS dengan PT SAI,  investor pembangunan Siantar City Mall, sebagai pengganti Proyek Pasar Melanthon, adalah bahwa mereka (PT SAI) akan melakukan penggantian atau pengembalian dana bagi pembeli kios Pasar Melanthon yang tidak bersedia melanjutkan untuk membeli kios di Siantar City Mall.

“Saat ini ada beberapa pedagang yang mengajukan pembatalan dengan pertimbangan macam-macam. Dan sebahagian besar dikarenakan tidak adanya lagi pasar basah. Dan ini akan kita verifikasi, dan mudah mudahan dalam minggu ini bagi yang sudah diverikasi, sudah mulai ada pembayaran untuk pengembalian uang mereka,” terang Herowhin.

Sementara menanggapi soal adanya rencana pemboikotan peletakan batu pertama SOHO Siantar City Mall, oleh para calon pembeli Pasar Melanthon Siregar yang panjar pembelian kiosnya belum di kembalikan, Herowhin berharap agar hal itu jangan sampai terjadi, dan tetap menjaga kenyamanan para investor untuk berinvestasi di kota Pematang Siantar.

“Yang pasti kita sudah janji, bagi para yang batal itu dananya harus dikembalikan, sekarang kita minta waktu untuk verifikasi dan sebagainya. Mohon  kesabarannya. Tadi ada beberapa yang sudah ketemu dan sudah diverifikasi. Mungkin, dalam minggu ini sudah ada pembayaran bagi yang batal,“ katanya.

Masih menurut Herowhin, jumlah calon pembeli yang membatalkan pembelian ada sekitar 20 orang dari jumlah keseluruhan calon pembeli.

Perlu diketahui, bahwa calon pembeli kios di Pasar Melanthon Siregar, sebelumnya berhubungan dan melakukan transaksi dengan PD PAUS sebagai pengembang awal dari pasar tersebut. Dalam perjalanannya, kemudian pembangunan pasar tersebut tidak dilanjutkan. Kemudian , di lokasi yang sama, rencananya akan dibangun SOHO Siantar City Mall, dimana PD PAUS menggandeng PT SAI sebagai mitra  dalam pembangunannya. (AT/ajvg)

Foto : Dirut PD PAUS Herowhin Sinaga bersama Haryono,  salah satu Direktur PT.SAI, sebagai mitra PD PAUS untuk mendirikan SOHO Siantar City Mall, lokasi pembangunan di Jalan Melanthon Siregar, Pematang Siantar, Senin 22/2/2016 (at/bataktoday)

  • Bagikan