Dua Kapal Asing Diledakkan di Perairan Belawan

  • Bagikan
Dua kapal asing pencuri ikan diledakkan secara bergandegan dengan menggunakan dinamit berdaya ledak rendah di perairan Belawan, Senin (22/2/2016). (bataktoday/afr)

Belawan, BatakToday –

Setelah mendapat penetapan dari pengadilan, Prajurit TNI AL meledakkan dua unit kapal asing sekitar 12 mil dari Dermaga Markas Komando Lantamal I Belawan, Senin (22/2/2016).

Sebelumnya, kedua kapal tersebut diamankan karena dituding melakukan pencurian ikan di wilayah perairan Indonesia.

Kapal KIA KF 5615 berbendera Malaysia dan MV ORIENT STAR berbendera Belize diledakkan secara resmi, dipimpin langsung oleh Danlantamal I Belawan, Laksma TNI Yudo Margono, dihadiri Asop Danlantamal I,  Kadiskum Lantamal I, Dirpoldasu AKBP Sumadi, Kodam I/BB Mayor H Rukmin, Polres KP3 Belawan Kompol Muslim, Kajari Belawan Trias Dwanto dan lainnya.

‪Kedua kapal tersebut diledakkan secara bergandegan dengan menggunakan dinamit berdaya ledak rendah.

‪Danlantamal I Belawan, Laksma TNI Yudo Margono mengatakan, peledakan dan penenggelaman kapal asing tersebut sudah mendapatkan penetapan dari Pengadilan.

‪”Ini merupakan peledakan dan penenggelaman kapal yang kedelapan yang dilakukan oleh Danlantamal I Belawan. Untuk hari ini ada 33 kapal yang diledakkan di seluruh Indonesia,” jelasnya.

‪Yudo mengatakan, penenggelaman kapal itu  dilakukan untuk menimbulkan efek jera kepada para pelaku.

‪”Kita akan menindak tegas kapal penyeludup, agar kedaulatan NKRI di laut benar-benar dimiliki masyarakat, khususnya laut Sumatera bagian wilayah Lantamal I,” pungkasnya..

‪Diketahui, kapal penangkap ikan berbendara Malaysia KF 5615 diamankan di sekitar perairan Pulau Salah Nama, Kabupaten Batubara, beberapa waktu lalu.

‪Satu dari empat nelayan berkebangsaan Myanmar diduga melakukan aktivitas pencurian ikan (illegal fishing), tewas setelah tertembus peluru petugas.

‪Sementara itu, kapal pengangkut ikan MV Orient Star ON berbendera Belize diamankan di kawasan perairan Sungai Nonang atau beberapa saat setelah meninggalkan Pelabuhan Belawan dengan tujuan Pelabuhan Lumut Malaysia.

‪Kapal dengan muatan berbagai jenis ikan segar campuran kualitas ekspor sebanyak 830 box atau sekitar 83 ton diamankan karena tidak memiliki Surat Ijin Kapal Pengangkut Ikan (SIKPI) dari instansi terkait. (AFR)

Foto: Dua kapal asing pencuri ikan diledakkan secara bergandegan dengan menggunakan dinamit berdaya ledak rendah di perairan Belawan, Senin (22/2/2016). (bataktoday/afr)

  • Bagikan