Oberlin Malau: Saya Dukung Pengoperasian Terminal Tanjung Pinggir

  • Bagikan

Pematangsiantar, BatakToday –

Anggota Komisi 3 DPRD Kota Pematangsiantar, Oberlin Malau dukung kebijakan Penjabat (Pj) Walikota Jumsadi Damanik yang memerintahkan pengoperasian kembali Terminal Tanjung Pinggir. Namun Ketua Fraksi Gerindra ini mempertanyakan efektivitas fungsi kontrol Pemko Pematangsiantar dalam mengawal pelaksanaan perintah tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi kebijakan Walikota. Tapi harus diikuti dengan pengecekan, sudah dilaksanakan belum?” ujar Oberlin kepada BatakToday, Senin (22/2) di ruang kerjanya.

Oberlin juga mendukung kebijakan Jumsadi dalam percepatan pengoperasian terminal, dengan melakukan pembenahan simultan dengan pengoperasian terminal.

“Malu kita Siantar kota lama dan kota nomor dua (di Sumatera Utara-red), sedangkan Perdagangan ada terminalnya, Tigaras ada. Itu kota-kota kecil, Tigaras bahkan kecamatan pun tidak,” pungkas Oberlin.

Ketua Fraksi Gerindra ini mengklaim, kebijakan Pj Walikota sesungguhnya adalah pelaksanaan atas rekomendasi Komisi 3 DPRD. Sebelumnya, Komisi 3 telah berulangkali merekomendasikan pengoperasian Terminal Tanjung Pinggir, namun walikota yang lalu tidak merespon dengan berbagai alasan, antara lain kondisi terminal rusak parah sehingga tidak layak untuk dioperasikan.

“Justru Pj Walikota yang tanggap dengan rekomendasi Komisi 3 DPRD,” ungkapnya.

Oberlin yakin, pengoperasian Terminal Tanjung Pinggir akan sangat mengurangi kemacetan dan kesemrawutan lalulintas dalam kota.

“Sebagai contoh, kita lihat di sekitar Makam Pahlawan setiap hari ada bus parkir liar disitu. Karena itu bukan terminal, sudah jelas mengganggu pengguna jalan. Ketika terminal itu dioperasikan, semua loket bus di pusat kota dialihkan ke Terminal Tanjung Pinggir,” terang mantan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pematangsiantar ini mengakhiri wawancara.

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu Pj Walikota Jumsadi Damanik memerintahkan agar Terminal Bus Tanjung Pinggir Pematang Siantar segera difungsikan. Sembari dioperasikan, bangunan yang rusak akan segera direnovasi, dan sejumlah fasilitas yang rusak dan hilang secara bertahap akan diperbaiki dan diadakan.

“Jika tak difungsikan, kita tak tahu apa kekurangan terminal ini, padahal sudah besar biaya yang dkeluarkan pemerintah. Karena itu, saya minta Dinas Perhubungan segera memungsikannya tanpa ragu-ragu,” tegas Penjabat Walikota Jumsadi Damanik, Selasa (2/2/2016) pagi (baca juga: https://bataktoday.com/terminal-tanjung-pinggir-siantar-segera-difungsikan). (EM/red)

Foto: Anggota Komisi 3 DPRD Kota Pematangsiantar, Oberlin Malau. (bataktoday/abgg)

  • Bagikan