Dua Ruang Kelas SDN Sanggaran I Humbahas Hancur Ditimpa Pohon

  • Bagikan

Dolok Sanggul, BatakToday –

Dua ruang kelas Sekolah Dasar Negeri (SDN) 173451 Desa Sanggaran I, Kecamatan Sijamapolang, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) hancur ditimpa pohon beringin, Selasa (23/2/2016) sekitar pukul 10.30 WIB. Tidak ada korban jiwa maupun luka atas peristiwa itu, namun kegiatan belajar mengajar (KBM) diperkirakan akan terganggu beberapa lama.

Kepala Sekolah SDN 173451 Hardi Silaban saat dikonfirmasi melalui selulernya, Rabu (24/2) mengatakan, untuk sementara pihaknya tidak bisa menggunakan ruangan kelas yang remuk itu menunggu perbaikan dari Pemkab Humbahas. Ditambahkannya, dua ruangan lain di kiri dan kanan ruangan yang remuk juga mengalami kerusakan.

Sebelum kejadian, kata Hardi, sudah ada tanda-tanda suara dari batang pohon, sehingga para siswa yang tengah belajar sempat dibubarkan dan menghindar dari sekolah.

“Atas kejadian ini, didampingi camat setempat dan Dinas Pendidikan, kita sudah membuat laporan kepada Bupati melalui Sekdakab. Mudah-mudahan dalam waktu dekat segera ditangani demi kelancaran proses belajar-mengajar,” ujarnya.

Untuk kelangsungan kegiatan belajar mengajar, pihaknya sementara membuat sekat pada ruangan yang layak pakai.

“Berhubung murid kita hanya sedikit, proses belajar mengajar akibat peristiwa itu tidak terganggu. Kita cukup membuat sekat dan proses KBM kembali normal,” tukasnya.

Hardi menambahkan, pohon beringin yang berada persis di depan sekolah diprediksi sudah berumur puluhan tahun dan sudah tampak tua dan lapuk.

“Kita bersama warga setempat sudah pernah berencana mamangkas dan memotong pohon beringin itu. Tapi karena terlalu dekat dengan sekolah dan takut menimpa sekolah, niat itu kita tunda,” terangnya.

Sementara, Camat Sijama Polang, Luhut Parhusip saat dikonfirmasi BatakToday membenarkan peristiwa itu. Luhut mengakui, pihaknya sudah membuat laporan kepada Bupati melalui Sekda.

“Jarak tempuh sekolah tersebut sekitar 15 km dari kota Kecamatan Sijama Polang. Laporan atas kejadian itu baru tadi pagi kita sampaikan ke Pak Bupati melalui Sekdakab,” ujarnya. (FT)

Foto: Dua ruang kelas Sekolah Dasar Negeri (SDN) 173451 Desa Sanggaran I, Kecamatan Sijamapolang tampak hancur ditimpa pohon. (baktoday/ft)

  • Bagikan