ASN, TNI, dan Polri Diminta Lapor Pajak Gunakan e-Filing

  • Bagikan

Medan, BatakToday –

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi mengatakan, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota Tentara Nasional Indonesia, dan anggota Kepolisian Republik Indonesia di seluruh Indonesia akan menggunakan fasilitas e-Filing untuk melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan.. Langkah ini sebagai bentuk dukungan pemerintah atas fasilitas lapor pajak secara online dan untuk memberikan contoh kepada masyarakat.

Hal itu sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 8 tahun 2015. Melalui Surat Edaran tersebut, Menteri PAN-RB juga mengingatkan seluruh aparatur negara untuk memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), membayar pajak, serta mengisi dan menyampaikan SPT dengan benar, lengkap, jelas dan tepat waktu.

Ditjen Pajak mengapresiasi dukungan seluruh ASN, anggota TNI dan anggota Polri yang melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan sesuai ketentuan,  termasuk melaporkan SPT menggunakan e-Filing.

“Dengan e-Filing, wajib pajak mendapatkan kemudahan karena tidak perlu antri di Kantor Pelayanan Pajak atau mencari dropbox untuk menyampaikan SPT. Bagi Direktorat Jenderal Pajak, penggunaan e-Filing mengurangi beban administrasi untuk menerima dan menyimpan SPT fisik,” kata Mukhtar, Kepala Kanwil DJP Sumatera Utara I dalam rilisnya, Kamis (25/2/2016).

Dijelaskan, pajak merupakan sumber utama penerimaan negara, dan untuk itu Ditjen Pajak mengajak seluruh masyarakat untuk mengambil bagian bergotong royong dalam mendanai pembangunan nasional dengan menghitung, membayar dan melaporkan pajak secara jujur dan akurat.

Juga disampaikannya, apabila wajib pajak menemui kesulitan atau membutuhkan penjelasan lebih lanjut mengenai tata cara dan peraturan perpajakan, dapat menghubungi Kring Pajak di 1500 200 atau datang ke KPP atau KP2KP terdekat. Seluruh pelayanan yang diberikan tidak dipungut biaya. (AFR)

Foto: Ilustrasi.

  • Bagikan