Bupati Taput: Guru Berikan yang Terbaik untuk Anak Didik

  • Bagikan

Taput, BatakToday –

Percepatan pembangunan sektor pendidikan dengan membangun sinergi dengan pembangunan sektor lainnya menjadi keharusan, sehingga para anak didik siap pakai dan mampu bersaing di kancah nasional maupun internasional. Generasi mendatang harus siap menjadi pemimpin yang tangguh, pemimpin yang lahir bukan karena uang, tetapi karena kemampuan dan kualitas yang dimiliki.

Hal itu diungkapkan Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan dalam sambutannya pada acara temu pendidikan di Kecamatan Pangaribuan yang mengambil tema “Revolusi Mental untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berbudaya” di halaman SMA Negeri 1 Kecamatan Pangaribuan, Kamis (25/02/2016).

“Tahun 2017 target saya Kecamatan Pangaribuan sudah resmi menjadi dua kecamatan, sehingga kecamatan ini lebih pesat kemajuannya,” ujar Nikson.

Kepada jajaran kepala sekolah dan tenaga pendidik, Nikson berpesan untuk secara berkelanjutan meningkatkan kompetensi, agar dapat memberikan pendidikan yang berkualitas sesuai perkembangan ilmu pengetahuan yang berkembang pesat.

“Para guru dan kepala sekolah harus memberikan yang terbaik untuk anak didik, dimanapun anda ditempatkan. Bekali terus diri anda dengan kemampuan teknologi, sehingga guru tetap lebih pintar dari muridnya. Saya berharap banyak kepada para guru, berikan hati dan ketulusan anda untuk mendidik anak-anak kita, sehingga kelak mereka mampu ditempatkan dimanapun,” pinta Nikson.

Bupati Nikson mengingatkan, suasana sekolah harus benar-benar mendukung bagi proses belajar-mengajar. Lingkungan sekolah harus bersih dan sejuk, kamar mandi harus tersedia dan terpelihara dengan baik sehingga tercipta kenyamanan. Kepala Sekolah diminta untuk inovatif dalam menciptakan sistem mengajar yang menarik bagi siswa-siswi.

“Kita melayani, bukan untuk dilayani. Jadi para guru harus tetap mengingat bahwa guru itu pahlawan tanpa tanda jasa. Kita berbuat baik, bukan mengharapkan sesuatu. Dengan melihat anak didik kita berhasil, itulah kesuksesan para guru. Sayangi anak didik sepenuh hati seperti anak sendiri, maka secara otomatis bapak-ibu guru akan melakukan segalanya demi kesuksesan anak didik kita. Kita mulai dari diri kita sendiri untuk melakukan kebaikan, maka segala kebaikan akan mengalir di sekitar kita,” ujar Bupati menambahkan.

Sementara itu, tokoh masyarakat Charles Gultom mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir, Kabupaten tapanuli Utara mengalami peningkatan yang signifikan dalam berbagai sektor, khususnya pendidikan. Menurut Charles, respon Bupati dalam mengaktualisasikan gerakan Revolusi Mental yang dicanangkan Presiden Joko Widodo di Kabupaten Tapanuli Utara mulai membuahkan hasil.

“Terimakasih kami sampaikan kepada Pak Nikson. Kami sudah melihat program Bapak yang sudah nyata dan kami mengharapkan itu tetap berkesinambungan. Bapak sebagai pimpinan telah memberikan contoh yang baik,” ujar Charles.

Kadis Pendidikan Jamel Panjaitan dalam laporannya menyampaikan,  temu pendidikan digelar untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Tapanuli Utara, khususnya Kecamatan Pangaribuan.

“Penekanan kepada ‘Gerakan Revolusi Mental’ dengan mengubah cara pandang pikir, sikap, perilaku, dan cara kerja yang berorientasi pada kemajuan pendidikan,” terang Jamel.

Turut hadir dalam acara, seluruh pimpinan SKPD, Muspika Pangaribuan, tokoh pendidikan, para kepala sekolah, guru PAUD, SD, SMP dan SMK/SMK, tokoh masyarakat, tokoh agama, siswa-siswi SMA/SMK se Kecamatan Pangaribuan, serta perwakilan orangtua siswa/i. (rel/IT)

Foto: Bupati Taput Nikson Nababan secara simbolis menyerahkan bibit pohon kepada para kepala sekolah pada acara temu pendidikan di halaman SMA Negeri 1 Kecamatan Pangaribuan, Kamis (25/02/2016). (rel)

  • Bagikan