42 Desa di Tapanuli Utara Ikut Pilkades Serentak 2016

  • Bagikan

Tapanuli Utara, BatakToday –

Setelah tahun 2015 lalu menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada 191 desa, dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (Pemkab Taput) akan kembali menggelar pilkades pada 42 desa.

”Tanggal dan bulannya belum bisa dipastikan, karena kita masih mau merevisi perda. Hal ini dikarenakan banyak masukan dari masyarakat, demi tidak terjadinya persoalan dikemudian hari,” ungkap Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (Bapemas dan Pemdes) Kabupaten Taput, Eliston Lumbantobing kepada BatakToday, Senin (29/2/2016) di kantornya.

Eliston menjelaskan, pilkades serentak tahun ini akan diselenggarakan pada 42 desa di 13 Kecamatan, yakni di Kecamatan Tarutung sebanyak 8 desa, Siatas Barita 2 desa, Adiankoting 4 desa, Sipoholon 4 desa, Pahae Jae 3 desa, Simangumban 1 desa, Siborongborong 3 desa, Pagaran 2 desa, Parmonangan 3 desa, Sipahutar 4 desa, Pangaribuan 3 desa, Garoga 2 desa, dan Kecamatan Muara 3 desa.

“Kita akan selenggarakan jika perda sudah ditetapkan,” ujarnya.

Soal biaya penyelenggaraan pilkades, menurut Eliston akan dibebankan pada APBD, namun is tidak ingat jumlah alokasi belanjanya.

”Yang jelas, sesuai amanat UU, penyelenggaraan pilkades memang menjadi beban APBD,” jelasnya.

Terpisah, Ketua LSM LP3D Kab. Tapanuli Utara, Sanrico Lumbantobing berharap, dengan melakukan perbaikan atas berbagai kelemahan pada pilkades serentak tahun 2015 lalu, maka pilkades tahun ini dapat diselenggarakan dengan lebih baik dan tidak menimbulkan banyak persoalan.

“Beberapa Kabupaten tetangga banyak mengadopsi apa yang telah dilakukan Pemkab Taput, kiranya itu dapat memotivasi penyelenggara agar terlaksana pilkades yang lebih baik lagi,” harapnya. (TN)

Foto: Kepala Bapemas dan Pemdes Kabupaten Taput, Eliston Lumbantobing saat dikonfirmasi BatakToday, Senin (29/2/2016).(bataktoday/tn)

  • Bagikan