Bupati Darwin Siagian: Pengisian Jabatan melalui Fit and Proper Test

  • Bagikan

Toba Samosir, BatakToday –

Pemerintah Kabupaten Toba Samosir akan mengukir sejarah baru dalam mendorong reformasi birokrasi yang menjadi agenda nasional. Enam bulan mendatang, Pemkab Tobasa akan menyelenggarakan fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) dalam pengisian jabatan struktural di seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Para aparatur sipil Negara (ASN) yang selama ini beralih fungsi juga akan dikembalikan ke SKPD yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya.

Hal itu diungkapkan Bupati Darwin Siagian pada konferensi pers yang digelar usai acara syukuran atas pelantikannya sebagai Bupati Toba Samosir bersama Wakil Bupati Hulman Sitorus, di Pendopo kantor Bupati Tobasa, Sabtu (27/2/2016).

“Enam bulan ke depan, untuk mengisi jabatan dalam mengawal visi dan misi pemerintahan lima tahun ke depan, kita akan melakukan fit and proper test. Setiap jabatan di setiap SKPD harus diisi oleh pejabat yang kompeten di bidangnya,” ujar Darwin.

Bupati Darwin didampingi Wakil Bupati Hulman Sitorus  dan anggota DPR RI Trimedia Panjaitan menjelaskan, ia akan membentuk tim yang akan melaksanakan fit and proper test, dan mempersilahkan setiap ASN sesuai kompetensi maupun pangkat/golongannya mendaftar untuk mengikuti uji kelayakan sesuai jabatan yang diinginkan.

“Sebelumnya kita akan bentuk tim fit and proper test, setelah itu akan kita lakukan penilaian dalam mengisi jabatan-jabatan di pemerintahan,” kata Darwin Siagian.

Ketua LSM NTCW Joris Sirait menyambut baik komitmen Bupati Darwin. Joris mengatakan, penyelenggaraan fit and proper test merupakan langkah maju dalam mereformasi birokrasi Pemkab Tobasa yang selama ini sarat KKN, termasuk dalam pemilihan pejabat.

“Kita menunggu niat baik bupati dan wakil bupati yang berlatar belakang birokrat ini untuk menjadikan daerah ini menjadi ‘Tobasa Hebat’,” ujar Joris di kantornya. (AP)

Foto: Bupati Tobasa Darwin Siagian didampingi Wakil Bupati Hulman Sitorus dan anggota DPR RI Trimedia Panjaitan saat menggelar konfrensi pers di Pendopo Kantor Bupati Tobasa, Sabtu (27/2/2016). (bataktoday/ap)

  • Bagikan