Jumsadi Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Simpatik Toba 2016 Kota Siantar

  • Bagikan

Pematang Siantar, Bataktoday

Dalam rangka mengatasi berbagai permasalahan lalulintas di Kota Pematang Siantar, akan dilaksanakan Operasi Simpatik Toba selama 21 hari, yang dimulai tanggal 1 Maret sampai dengan 21 Maret 2016.

Pj Walikota Pematang Siantar dalam amanatnya pada acara Apel Gelar Pasukan Operasi Simpatik Toba 2016, Senin (29/2), di Jalan WR Supratman, mangatakan bahwa masalah lalulintas dewasa ini berkembang cepat, lebih cepat dibandingkan upaya untuk menuntaskan masalah lalulintas tersebut. Permasalahan lalulintas di wilayah hukum Polda Sumatera Utara begitu kompleks. Tingginya angka kecelakaan lalulintas dan pelanggaran rambu lalulintas disebabkan oleh rendahnya kesadaran masyarakat dalam tertib berlalulintas dan kurangnya pemahaman tentang rambu-rambu lalulintas. Disisi lain, rasio jumlah kendaraan tiap hari meningkat dan tidak sebanding dengan kapasitas jalan yang ada.

Pj Wali Kota Siantar, Jumsadi Damanik, seusai apel gelar pasukan, dengan unsur-unsur Forkominda, dan pihak terkait dalam Operasi Simpatik Toba 2016, Jalan WR Supratman, Pematang Siantar, Senin 29/2/2016 (at/bataktoday)
Pj Wali Kota Siantar, Jumsadi Damanik, seusai apel gelar pasukan, dengan unsur-unsur Forkominda, dan pihak terkait dalam Operasi Simpatik Toba 2016, Jalan WR Supratman, Pematang Siantar, Senin 29/2/2016 (at/bataktoday)

Adapun sasaran operasi ini adalah mengoptimalkan penerapan kawasan tertib lalulintas guna menciptakan penggal jalan yang tertib, marka, rambu parkir serta pengguna jalan dalam rangka meningkatkan KAMSELTIBCAR (keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran) lalulintas yang kondusif.

Operasi Simpatik Toba 2016 akan melibatkan beberapa satuan tugas, yang terdiri dari Satgas Deteksi Dini, Satgas  Preventif, Satgas Represif dan Satgas  Bantuan Operasi. Masing masing satgas dalam melakukan kegiatannya, memiliki penjabaran tugas dan cara bertindak sesuai dengan fungsi dan peran masing masing.

Dalam melaksanakan kegiatan Operasi Simpatik Toba ini, Jumsadi mengajak semua pihak yang terlibat untuk menempuh langkah langka kreatif melalui pendekatan keagamaan, pendekatan budaya maupun pendekatan lainnya, yang diharapkan dapat lebih efektif untk memobilisasi masyarakat menuju posisi ideal, yaitu terwujudnya kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat untuk menjadi pelopor keselamatan berlalulintas.

Jumsadi juga berharap agar semua Personil lebih mengedepankan tindakan persusif yang humanis dan penuh simpati, menjauhi sifat arogansi serta tidak mengedepankan tindakan represif kecuali pada tingkat pelanggaran tertentu.

Di akhir amanatnya Jumsadi menyampaikan 5 poin sebagai pedoman dalam melaksanakan Operasi Simpatik Toba 2016, yaitu: iman dan taqwa kepada TYME; bersinergi sesama instansi terkait; utamakan langkah preventif dan persuasif; jaga sikap dan perilaku; dan laksanakan tugas dengan ikhlas, professional, bertanggungjawab serta menjaga keselamatan. (AT)

Foto: Peserta Apel Gelar Pasukan Operasi Simpatik Toba 2016, Jalan WR Supratman, Pematang Siantar, Senin 29/2/2016 pukul 08.30 WIB (at/bataktoday)

  • Bagikan