120 Dusun di Tobasa Belum Nikmati Layanan Listrik PLN

  • Bagikan

Toba Samosir, BatakToday –

Kabupaten Toba Samosir merupakan penyuplai listrik terbesar di Asia Tenggara, akan tetapi Tobasa justru miskin listrik. Hingga saat ini, terdapat 120 dusun/desa di kabupaten berpenduduk 205.031 jiwa itu yang belum menikmati layanan listrik PLN.

Hal itu diungkapkan Ketua DPD Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) Provinsi Sumatera Utara, Liston Hutajulu, saat audiensi ke Bupati Tobasa Darwin Siagian di ruang rapat mini kantor bupati, Senin (29/2/2016).

Liston mengatakan, audiensi pengurus Pospera antara lain sebagai pernyataan dukungan terhadap kepemimpinan Darwin Siagian dan Hulman Sitorus lima tahun ke depan, serta menginformasikan kehadiran Pospera di Tobasa sebagai media advokasi kerakyatan bagi masyarakat Tobasa.

Menurut Liston, ijin pembangunan jaringan distribusi listrik yang harus melalui kawasan hutan margasatwa dari Kemeneterian Lingkungan Hidup dan Kehutanan merupakan kendala utama sehingga banyak desa dan dusun di Tobasa yang belum dapat menikmati layanan listrik PLN.

Untuk itu, Pospera menyarankan kepada Bupati Darwin Siagian agar memberikan perhatian khusus untuk dusun dan desa yang belum teraliri listrik, agar layanan PLN dapat dinikmati masyarakat secara adil dan merata.

“Untuk itu Pospera siap bermitra dengan pemerintah untuk membantu pengurusan izin ke pemerintah pusat,” kata Liston Hutajulu didampingi Ketua DPC Pospera Tobasa, Supandri Butarbutar.

Putra kelahiran Lumban Binanga Kecamatan Laguboti ini juga mempertanyakan dana subsidi dua Mega Watt PT Inalum berjumlah puluhan milyar yang hingga saat ini belum dibayarkan kepada Pemkab Tobasa.

“Dikemanakan dana dua Mega Watt yang berjumlah puluhan milyar itu, hal ini perlu untuk ditelusuri Pak bupati,” tandas Liston, seraya menambahkan, hanya beberapa milyar yang telah disalurkan ke Tobasa.

Bupati Darwin Siagian menyambut baik kehadiran Pospera, dan menyatakan siap menerima kritikan dan masukan bersifat membangun demi tercapainya Tobasa Hebat 2021. (AP)

Foto: Pengurus Pospera saat audiensi ke Bupati Darwin Siagian di ruang rapat mini Kantor Bupati Tobasa, Senin (29/2/2016). (bataktoday/ap)  

  • Bagikan