Frans Bungaran: Parkir Tetap Harus Dikelola Pihak Ketiga

  • Bagikan

Pematangsiantar, BatakToday –

Anggota Komisi 3 DPRD kota Pematangsiantar, Frans Bungaran Sitanggang, meminta Pemerintah Kota Pematangsiantar untuk kembali menyelenggarakan tender pengelolaan retribusi parkir. Menurutnya, pengelolaan parkir oleh pihak ketiga telah diatur dalam peraturan walikota yang hingga saat ini masih berlaku.

“Kalau dia (pengelolaan retribusi parkir-red) di-pihak ketigakan ada konsekuensinya ketika target retribusi parkir tidak tercapai. Dan ketika dikelola oleh UPTD (Perparkiran) tidak ada konsekuensinya,” ujar Frans kepada BatakToday di Kantor DPRD Pematangsiantar, Kamis (3/2/2016).

Frans mengungkapkan, ketika dikelola Dinas Perhubungan selama bertahun-tahun, target pendapatan retribusi parkir tidak pernah tercapai, dan tidak ada konsekuensi hukum yang dikenakan kepada pengelolanya.

“Ketika dikelola berdasarkan kontrak dengan pihak ketiga, maka sudah berkekuatan hukum. Ketika mereka (kontraktor-red) wanprestasi, maka bisa dibawa ke ranah hukum, dan itulah yang sekarang terjadi di Siantar,” terang politisi PKPI ini.

Frans juga menyesalkan terjadinya pengutipan uang parkir di lingkungan kantor SKPD Kota Pematangsiantar.

“Saya dengar di Kantor Dikjar (Dinas Pendidikan-red) pun sekarang sudah dipungut uang parkir, kemana uangnya dibikin? Pegawai pula yang mengutip parkir,” ujarnya kesal.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Siantar Posma Sitorus ketika dikonfirmasi terkait hal tersebut sedang tidak berada di kantor. Informasi yang diperoleh Batak Today dari beberapa pegawainya mengatakan bahwa Posma Sitorus sedang berada di luar kota.

Untuk diketahui, Rabu (2/3/2016) kemarin, Kejaksaan Negeri Pematang Siantar akhirnya menetapkan Direktur CV Trans Siantar, Pancasila Sibarani, sebagai tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi yang menimbulkan kerugian keuangan Pemerintah Kota Siantar sebesar Rp 1.100.500.000. Pancasila diduga melakukan tindak pidana dalam pemenuhan kontrak kerja CV Trans Siantar dengan Pemko, dalam pelaksanaan pekerjaan pengutipan retribusi parkir tepi jalan umum di Kota Siantar. (EM/red)

Foto: Anggota Komisi 3 DPRD Kota Pematangsiantar, Frans Bungaran Sitanggang. (bataktoday/em)

  • Bagikan