Saliman “Kampung Organik”, Kembangkan Bunga Kol Dataran Rendah di Tebing Tinggi

  • Bagikan

Tebing Tinggi, BatakToday

“Sayuran bunga kol yang biasa hanya hidup di dataran tinggi dan berhawa dingin, ternyata bisa tumbuh dan berkembang di dataran rendah dan bersuhu panas. Ini luar biasa, semua berkat jerih payah Pak Saliman. Saya berharap Saliman-Saliman baru bermunculan, dan Tebing Tinggi bisa menjadi daerah penghasil hortikultura,” demikian diungkapkan Wali Kota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan di Kampung Organik, Kelurahan Lalang, Kamis (3/3).

Walikota H Umar Zunaidi Hasibuan menyampaikan apresiasi kepada Saliman, salah seorang petani sayur Kelompok Tani Karya Bersama di Jalan Bukit Jamu, Kelurahan Lalang, yang dengan jerih payahnya telah berhasil mengembangkan budidaya aneka tanaman sayuran, khususnya bunga kol dataran rendah, yang diprakarsai oleh Lurah Lalang Hadi Supeno.

Umar yang hadir untuk meresmikan penetapan kampung organik, sekaligus panen perdana tanaman sayuran bunga kol dataran rendah, di Kampung Organik di Lingkungan II Kelurahan Lalang, Kecamatan Rambutan, Kamis (3/2), didampingi  Wakil Walikota Ir H Oki Doni Siregar, Camat Rambutan Zubeir Husni Harahap, dan Lurah Lalang Hadi Supeno SH sebagai tuan rumah.

Wali Kota Tebing Tinggi Ir Umar Zunaidi Hasibuan, saat pengguntingan pita untuk peresmian Kampung Organik di Kelurahan Lalang, Kota Tebing Tinggi, Kamis 3/3/2016 (iss/bataktoday)
Wali Kota Tebing Tinggi Ir Umar Zunaidi Hasibuan, saat pengguntingan pita untuk peresmian Kampung Organik di Kelurahan Lalang, Kota Tebing Tinggi, Kamis 3/3/2016 (iss/bataktoday)

Selain tanamam sayur organik, untuk memenuhi pangan, Pemko Tebing Tinggi juga menggalakkan pertanian padi dengan masa tanam tiga kali setahun, seluas 350 hektar di Kelurahan Pinang Mancung.

“Saat ini lahan pertanian tanaman padi kita luasnya 350 hektar. Bila dalam setahun bisa tiga kali panen berarti bisa menghasilkan sekitar 7.500 ton gabah padi. Tentunya bisa membantu bagi petani. Terimakasih untuk PT Tani Indo yang telah melakukan pendampingan terutama dalam penyediaan bibit-bibit unggulan agar panen bisa berhasil,” ujar Umar optimis.

Sedangkan kepada kepada Dinas Pertanian, Umar  meminta agar terus melalukan pembimbingan kepada kelompok tani yang ada. Selain itu, bantuan bibit ikan juga perlu diberikan untuk dibudidayakan oleh masyarakat yang berusaha di sektor pertanian dan perikanan.

Mengakhiri tugasnya untuk memotivasi para petani dan pihak terkait lainnya saat itu, Umar menyampaikan pesan positip untuk masyarakatnya.

“Pada intinya, jadi petani harus kerja keras dan punya keyakinan untuk berhasil. Kepada masyarakat, harus memanfaatkan lahan perkarangan dengan menanam berbagai jenis sayuran untuk membantu perekonomian keluarga,” demikian pesan dan harapan Umar. (iss)

Foto:

Wali Kota Tebing Tinggi Ir Umar Zunaidi Hasibuan, didampingi Wakil Wali Kota Ir Oki Doni Siregar, Camat Rambutan Zubeir Husni Harahap dan Lurah Lalang Hadi Supeno dalam peresmian Kampung Organik dan  panen perdana budidaya bunga kol dataran rendah, Kelurahan Lalang, Kota Tebing Tinggi, Kamis 3/3/2016 (iss/bataktoday)

  • Bagikan